Minggu, 1 Agustus 21

Kementerian PUPR Kembangkan Program Food Estate di Kalteng

Kementerian PUPR Kembangkan Program Food Estate di Kalteng
* Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan program food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com – Dewasa ini pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah mengembangkan program food estate di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng). Pembangunan pusat pengembangan tanaman pangan ini diharapkan menjadi lumbung pangan baru di luar Pulau Jawa, dan menjadi salah satu Program Strategis Nasional (PSN) 2020 – 2024.

 

Baca juga:

Dukung Peningkatan Kualitas SDM, Kementerian PUPR Perbaiki Sekolah di Riau

Pertahankan Daya Beli Masyarakat, Kementerian PUPR Percepat Realisasi PKT

 

Dikutip obsessionnews.com dari keterangan tertulis, Kamis (30/7/2020), sebagai tahapan awal Kementerian PUPR akan memulai memperbaiki jaringan irigasi pada lahan potensial seluas 165.000 hektare (ha) yang merupakan kawasan aluvial, bukan gambut, pada lahan eks Pengembangan Lahan Gambut (PLG) yang berada di Kabupaten Pulang Pisau dan Kapuas. Rehabilitasi jaringan irigasi ini akan dikerjakan secara bertahap mulai tahun ini hingga 2022.

Pembangunan food estate tersebut juga sebagai tindak lanjut dari sinyalemen Organisasi Pangan Dunia (FAO) yang memprediksi akan terjadinya krisis pangan. Kehadiran food estate ini diharapkan menjadi cadangan strategis pangan dalam negeri apabila terjadi krisis dan dapat menyuplai bahan pangan baik berupa padi, singkong, jagung, atau cabai. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.