Minggu, 19 September 21

Pertahankan Daya Beli Masyarakat, Kementerian PUPR Percepat Realisasi PKT

Pertahankan Daya Beli Masyarakat, Kementerian PUPR Percepat Realisasi PKT
* Saluran irigasi desa. (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com  – Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menyebabkan perekonomian Indonesia bergoyang. Berbagai upaya dilakukan pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional, salah satunya melalui program Padat Karya Tunai (PKT).

 

Baca juga:

Jokowi: Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Bisa Berjalan Beriringan

Di Masa Pandemi Covid-19, Kementerian PUPR Percepat Penyaluran PKT

Penanganan Longsor di Palopo, Kementerian PUPR Akan Bangun Jembatan Gantung

 

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus mempercepat realisasi program PKT 2020. Salah satunya adalah Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang menjangkau 10.000 lokasi dengan anggaran Rp 2,25 triliun yang dilaksanakan oleh Balai Besar/ Balai Wilayah Sungai pada Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air di seluruh Indonesia sesuai dengan Keputusan Menteri Nomor 457/KPTS/M/2020.

Dengan percepatan realisasi program PKT ini diharapkan dapat mempertahankan daya beli masyarakat di tengah ketidakpastian kondisi ekonomi global akibat pandemi Covid-19. Hal ini juga sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk mengalihkan anggaran guna mempertahankan daya beli masyarakat, terutama rakyat kecil yang disampaikan saat video konferensi Rapat Terbatas dari Istana Merdeka beberapa saat lalu.

Program infrastruktur kerakyatan atau Padat Karya Tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, program infrastruktur kerakyatan atau Padat Karya Tunai sangat penting bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

“Selain untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan daya beli masyarakat, PKT juga bertujuan mendistribusikan dana hingga ke desa/ pelosok. Pola pelaksanaan PKT nanti juga harus memperhatikan protokol physical and social distancing,” tutur Basuki dalam keterangan tertulis, Selasa (21/7/2020).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.