Jumat, 26 April 24

Kemenparekraf Siap Bersinergi dengan Pemprov Papua Barat untuk Kembangkan Potensi Wisata

Kemenparekraf Siap Bersinergi dengan Pemprov Papua Barat untuk Kembangkan Potensi Wisata
* Salah satu destinasi wisata di Papua Barat. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, obsessionnews.comKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mengapresiasi komitmen Pemerintah Provinsi Papua Barat dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) di Papua Barat dan berkomitmen mendukung pengembangan potensi parekraf di Papua Barat sehingga memberikan dampak yang besar bagi masyarakat, khususnya dalam kebangkitan ekonomi dengan terbukanya lapangan kerja.

Hal itu disampaikan oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf/Baparekraf Vinsensius Jemadu dalam Rapat Koordinasi Teknis (RAKORNIS) Bidang Kebudayaan dan Pariwisata Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Barat, di Hotel Grand Papua, Fakfak, pada Selasa (12/4/2022).

Baca juga: Kemenparekraf Permudah Akses Pembiayaan UMKM Sumut Lewat Kegiatan Finback

Dalam keterangan tertulisnya yang diterima obsessionnews.com, Senin (18/4), Vinsensius mengatakan, Papua Barat memiliki banyak sekali potensi wisata berkelas dunia, salah satunya Raja Ampat. Ia menyatakan Kemenparekraf siap bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Papua Barat untuk mengembangkan potensi wisata lain yang ada di Papua Barat secara maksimal.

“Kemenparekraf siap bersinergi dengan pemerintah Provinsi Papua Barat demi mewujudkan Pariwisata Papua Barat yang  mendunia, berkualitas, terintegrasi dan berkelanjutan,” kata Vinsensius.

Dia juga mengapresiasi komitmen Pemerintah Papua Barat dalam membangun sektor pariwisata di Provinsi Papua Barat. Menurutnya hal ini sejalan dengan arahan Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno terkait implementasi inovasi, adaptasi dan kolaborasi dalam pengembangan pariwisata dengan semangat Gercep (Gerak Cepat), Geber (Gerak Bersama), dan Gaspol (Gali Semua Potensi Lapangan Kerja).

Baca juga: Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Kerja Sama Selenggarakan Gerakan BISA

“Kemenparekraf mengapresiasi atas komitmen Gubernur Papua Barat yang siap dan fokus untuk pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf/Baparekraf Wawan Gunawan mengungkapkan, banyak hal yang perlu didorong dalam pengembangan pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Papua Barat, yakni memperkuat fokus dan wilayah tematik Desa Wisata, destinasi (Alam, Budaya, dan Buatan), kawasan pariwisata Ekowisata, geopark, (konservasi dan non konservasi), serta destinasi wilayah (kabupaten, kota, dan provinsi).

Pemerintah Provinsi Papua Barat dapat mengimplementasikan SINAKODA (Sinergitas Pusat dan Daerah berbasis Inovasi, Adaptasi, Kolaborasi) untuk mewujudkan destinasi berkualitas, terintegrasi, dan berkelanjutan di Papua Barat melalui sinergitas pembangunan lewat program Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik serta pendampingan dan dukungan lainnya dalam upaya percepatan pengembangan destinasi di Papua Barat.

“Ketika sinergitas ini diimplementasikan di Papua Barat dengan tepat anggaran, tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu, maka mimpi Papua Barat mempunyai destinasi berkualitas, terintegrasi, dan berkelanjutan yang mendunia bisa terwujud dengan cara kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas,” ungkap Wawan.

Baca juga: Kemenparekraf dan Accor Group Lakukan MoU Soal Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif UMKM

Wawan juga menyampaikan, Kemenparekraf/Baparekraf senantiasa memperkuat sinergitas dan integrasi di lintas kedeputian, lintas K/L, lintas stakeholder, dan lintas daerah. Serta mendorong penyelenggaraan event nasional dan internasional yang berkelanjutan dan konsisten didukung oleh digital marketing yang masif.

Hal ini disambut baik oleh Bupati Fakfak, Untung Tamsil. Ia mengapresiasi langkah Kemenparekraf yang langsung hadir ke lapangan dalam mengidentifikasi potensi dan daya tarik wisata alam, budaya dan buatan yang tersebar di Papua Barat, terutama di Fakfak.

“Kehadiran Kemenparekraf ini sejatinya merupakan bentuk perhatian dan keberpihakan pemerintah pusat di daerah dengan memberikan dorongan dan dukungan semangat untuk kebangkitan pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkualitas dan berkelanjutan di Fakfak. Sejumlah potensi wisata yang sangat mempesona membuat Fakfak semakin tersenyum,” ujar Untung. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.