Kamis, 18 Agustus 22

Kemenparekraf dan Accor Group Lakukan MoU Soal Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif UMKM

Kemenparekraf dan Accor Group Lakukan MoU Soal Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif UMKM
* Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Accor Group di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022). (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, obsessionnews.comKementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Accor Group terkait penggunaan dan pemasaran produk ekonomi kreatif usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) lokal di hotel-hotel yang berada di bawah manajemen Accor Group.

Penandatanganan dilaksanakan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta Pusat, Selasa (5/4/2022) oleh Sesmenparekraf/Sestama Baparekraf yang juga menjabat Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan CEO Accor Southeast Asia, Japan & South Korea, Garth Simmons dan disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: Kemenparekraf Gandeng Lintas Kementerian Tuntaskan Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional

Dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/4), Sandiaga menyampaikan, kolaborasi ini merupakan momentum untuk mengakselerasi kebangkitan ekonomi serta membuka peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat.

“Jadi produk-produk UMKM terutama produk subsektor fesyen dan kuliner dapat dipasarkan dan ditampilkan di hotel-hotel Accor Group. Selain itu, seragam-seragam pegawai hotel Accor Group akan didesain oleh desainer lokal,” kata Sandiaga.

Penandatanganan ini, merupakan bentuk inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang baru antara Kemenparekraf dan pelaku usaha. Dengan adanya penandatanganan MoU ini, produk-produk UMKM dapat ditampilkan dan dipasarkan di hotel-hotel berbintang yang ada di bawah naungan Accor Group.

“Ini adalah tatanan ekonomi baru di mana kita bekerja sama secara 360 derajat, jadi kita bisa melihat di mana hotel-hotel berbintang bisa mengakomodir produk-produk UMKM. Selain itu lewat kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja,” katanya.

Baca juga: Kemenparekraf Gandeng 10 Startup Unggulan Indonesia tampil di Ajang Internasional

Lewat penandatanganan ini ada banyak peluang kerja sama yang dapat dilaksanakan oleh Kemenparekraf dengan Accor Group terkait pengembangan sektor parekraf di Tanah Air. Terutama dalam hal peningkatan SDM mahasiswa enam Poltekpar yang ada di bawah naungan Kemenparekraf.

“Ada banyak sekali yang bisa kita kerja samakan misalnya pertukaran data dan informasi, peningkatan SDM, dan juga fasilitasi akses pembiayaan. Ini adalah akselerasi bangkitnya ekonomi kreatif,” ujar Sandiaga.

Sementara itu, Garth Simmons menyambut baik penandatanganan MoU ini untuk meningkatkan kerja sama Accor Group dengan pemerintah Indonesia terkait pengembangan sektor parekraf.

“Saya harap lewat penandatanganan ini kita bersama-sama bisa mengembangkan sektor parekraf di Indonesia ke arah yang lebih baik,” ungkap Garth. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.