Kamis, 18 Agustus 22

Kemenparekraf Permudah Akses Pembiayaan UMKM Sumut Lewat Kegiatan Finback

Kemenparekraf Permudah Akses Pembiayaan UMKM Sumut Lewat Kegiatan Finback
* Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (Foto: Kemenparekraf)

Jakarta, obsessionnews.com – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mendorong kemudahan akses pembiayaan pelaku UMKM Sumatra Utara melalui kegiatan Fintech Business Matchmaking (Finback).

Kegiatan Finback ini merupakan kegiatan peningkatan kapasitas UMKM sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dalam mengembangkan usaha mereka melalui akses pembiayaan Fintech Peer to Peer Lending yang telah berizin dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca juga: Kemenparekraf dan Komisi X DPR RI Kerja Sama Selenggarakan Gerakan BISA

Kegiatan ini juga bertujuan untuk memfasilitasi pelaku UMKM dalam memperoleh akses permodalan dan meningkatkan kapabilitas mereka dalam mengidentifikasi bisnisnya, sebelum mengajukan pembiayaan melalui layanan fintech peer to peer lending.

Sandiaga mengatakan, kemudahan akses pembiayaan merupakan hal penting dalam upaya memajukan UMKM nasional, terutama di sektor ekonomi kreatif.

Baca juga: Kemenparekraf dan Accor Group Lakukan MoU Soal Pemasaran Produk Ekonomi Kreatif UMKM

“Jadi kita harus bantu promosinya untuk permodalan menjalankan usaha dan untuk yang bisnisnya belum feasible akan kita fasilitasikan agar segera feasible,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/4/2022).

Sepanjang 2021, ada sekitar 29,69 juta pengguna layanan keuangan digital melalui pembiayaan teknologi finansial peer to peer lending. Meski demikian, masih banyak pelaku UMKM yang terjebak dengan pinjaman online ilegal.

Baca juga: Kemenparekraf Gandeng Lintas Kementerian Tuntaskan Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional

“Oleh karena itu kami hadir di sini agar pemahaman masyarakat melalui sosialisasi, literasi, dan edukasi ke depan ini lebih baik,” katanya.

Selain itu, Sandiaga juga mengajak para perwakilan perusahaan financial technology (fintech) untuk mengembangkan sektor parekraf di Tanah Air mempermudah akses permodalan bagi pelaku UMKM.

“Bangkitkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, luaskan usaha mereka, kembangkan bisnis mereka, dan berikan akses pembiayaan fintech peer to peer lending yang telah berizin dari OJK. Karena 97 persen lapangan kerja diciptakan oleh UMKM jadi UMKM ini harus berkembang,” ungkap Sandiaga. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.