Minggu, 28 November 21

Kemenkop Latih Wirausaha Keluarga Nelayan

Kemenkop Latih Wirausaha Keluarga Nelayan

Pandeglang, Obsessionnews – Untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat pesisir, Kementerian Koperasi dan UKM mendorong pelatihan kewirausahaan bagi keluarga nelayan melalui program bedah desa pesisir. Program ini diadakan dengan menggandeng kerjasama Kementerian KKP, TNI AL, IBM dan Bank Mandiri.

“Jadi kita merlihat bahwa saat ini pemerintah betul-betul menyatu untuk membina masyarakat, kita bisa lihat di sini semua ikut membantu,” ujar Deputi Pengembangan SDM Prakoso Budi Susetyo di sela-sela acara bedah desa pesisir di Desa Teluk Labuan, Pandeglang, Banten, Selasa (7/4/2015).

Prakoso mengatakan melalui pelatihan kewirausahaan ini, Kemenkop ingin supaya keluarga nelayan ada yang menjadi wirausaha mandiri sehingga mereka tidak lagi mengandalkan hasil tangkapan sebagai sumber kehidupan yang utama.

“Kalau mereka pulang melaut tidak bawa apa-apa, nah kalau keluarga mereka punya usaha mereka tidak perlu khawatir lagi, mereka pulang anak tetap sekolah, keluarga mereka tetap makan,” katanya.

Kemenkop akan menyiapkan tenaga pendamping untuk melatih keterampilan keluarga nelayan. Seperti misalnya melatih bagaimana keluarga nelayan tersebut bisa memasarkan hasil produksi, cara mendesign serta cara bagaimana menjadi wirausaha bagi seorang pemula.

“Oleh karena itu keluarga nelayan kita dorong supaya lebih maju,” pungkasnya.

Untuk memperdayakan masyarakat pesisir, mulai tahun ini Kemenkop juga mengucurkan dana dekonsentrasi sebesar Rp100 miliar untuk 34 provinsi dan dana wirausaha pemula masing-masing Rp25 juta per orang. Prakoso mengaku selama ini perhatian pemerintah terhadap masyarakat pesisir masih kurang.

“Kita konsentrasi sesuai arahan bapak menteri bahwa 2016 kita konsentrasi untuk kita membina keluarga nelayan,” tutup dia. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.