Jumat, 30 Oktober 20

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Selandia Baru Bebas Masker

Kasus Covid-19 Terus Menurun, Selandia Baru Bebas Masker
* Masker hanya wajib dikenakan di Auckland, pusat penyebaran Covid-19 dan di pesawat. (Foto: BBC)

Masker wajah tidak lagi wajib saat menggunakan transportasi umum di sebagian besar wilayah Selandia Baru menyusul jumlah kasus Covid-19 yang terus menurun.

Mulai tengah malam pada hari Rabu (23/9/2020), masker hanya wajib dikenakan di Auckland, pusat penyebaran saat ini, dan di pesawat.

Selain kota tersebut, seluruh wilayah Selandia Baru mencabut semua restriksi pandemi mulai Senin.

Selandia Baru secara luas dipuji karena tanggapannya yang cepat terhadap Covid-19. Kehidupan sehari-hari sebagian besar kembali normal pada bulan Juni, tetapi virus itu muncul kembali di Auckland pada bulan Agustus.

Kota terbesar di negara itu kembali menerapkan karantina wilayah sementara, seiring dengan berbagai pembatasan yang diberlakukan kembali di wilayah-wilayah lain.

Selandia Baru saat ini mencatat 1.468 kasus Covid-19 yang terkonfimarsi dan 25 kematian.

Mengapa bebas masker?
Wilayah-wilayah lain kecuali Auckland kembali ke level satu – yakni level terendah dari sistem peringatan empat tingkat – pada hari Senin, menyusul tujuh hari tidak ada tercatat kasus penyebaran Covid-19 di komunitas.

Ini berarti kehidupan sehari-sehari hampir kembali normal – tidak ada lagi menjaga jarak sosial atau batasan orang dalam pertemuan seperti pernikahan atau acara olahraga.

Setiap orang dapat kembali bekerja tanpa batasan dan mengenakan masker tidak lagi diwajibkan di angkutan umum.

Pemerintah mengatakan penutup wajah tidak diperlukan untuk masyarakat umum ketika tidak ada bukti penularan di lingkungan komunitas.

Namun pemerintah tetap mendorong masyarakat untuk memakai masker di angkutan umum. Di Auckland, dimana masih menerapkan pembatasan level dua, penggunaan masker masih wajib.

Selain itu, penumpang pesawat yang terbang menuju, dari, dan melalui Auckland – serta di semua penerbangan Air New Zealand – masih diwajibkan untuk mengenakan masker.

Pada hari Rabu, pihak berwenang melaporkan tiga kasus komunitas baru yang tidak terkait dengan klaster Auckland. Kasus-kasus tersebut terkait dengan penerbangan charter baru-baru ini dari Christchurch ke Auckland. (Red)

Sumber: BBC News

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.