Sabtu, 21 Mei 22

Kakankemenag Kebumen Gali Informasi Kebutuhan Masyarakat Melalui Safari Subuh 

Kakankemenag Kebumen Gali Informasi Kebutuhan Masyarakat Melalui Safari Subuh 
* Kakankemenag Kabupaten Kebumen menggelar Safari Subuh untuk menyerap saran dan kritik masyarakat, Sabtu (22/1/2022). (Foto: Humas Kemenag Kebumen)

Kebumen, obsessionnews.com –  Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menginstruksikan seluruh jajaran Kementerian Agama (Kemenag) harus memastikan semua layanan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Untuk memenuhi target tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakankemenag) Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, Ibnu Asaddudin menggali informasi kebutuhan masyarakat melalui Safari Subuh.

 

Baca juga:

Kemenag Segera Umumkan Hasil Seleksi Kompetensi Calon P3K

Sarpras Memadai, Kemenag Minta MAN IC Jadi Pionir Digitalisasi Madrasah

 

 

Ia mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya jemput bola, menyerap saran dan kritik terkait layanan Kankemenag Kebumen.

“Ini sangat penting bagi kami guna evaluasi dan perbaikan layanan Kemenag Kebumen agar semakin CANTIK (Cepat, Akurat, Nyaman, Tertib, Ikhlas dan Kredibel),” kata Ibnu usai melakukan Safari Subuh pertamanya, Sabtu (22/1/2022).

Dikutip dari situs Kemenag, Minggu (23/1), Masjid Baiturrohim, dukuh Sarwodadi desa Kemangguan, Kecamatan Alian menjadi tujuan pertama kegiatan Safari Subuh Berjamaah. Turut hadir pada kegiatan ini Camat Alian Kinanto, Penyuluh agama Islam Alian beserta perangkat desa setempat dan beberapa warga sekitar Masjid Baiturrohim.

Melalui kegiatan ini Ibnu berharap terjalin ukhuwah /kebersamaan yang harmonis antara ulama, umaro dan umat.

“Harapannya akan terbangun kepedulian di tengah masyarakat terhadap berbagai aspek, baik social, politik dan pemerintahan,” tuturnya.

Hal ini, lanjut Ibnu, dapat meningkatkan partisipasi segenap komponen masyarakat dalam bidang pembangunan, keagamaan dan peran social kemasyarakatan.Pada kesempatan tersebut dia kembali menegaskan bahwa Kemenag akan selalu hadir di tengah umat. Ini merupakan upaya
agar umat tenang dalam menjalankan ibadah dan aktivitas kesehariannya.

Ia pun menegaskan hal tersebut kepada jajarannya di Kankemenag Kebumen.

“Kita harus bisa membuat mereka tersenyum dan tenang dalam menjalani kehidupannya,” ujarnya.

“Harus dipahami bahwa kita sebagai aparatur sipil negara (ASN) adalah pelayan masyarakat, bukan sebaliknya malah minta dilayani. Sebagai pelayan, kita harus bisa melayani mereka dengan sebaik – baiknya dan harus tau apa yang mereka inginkan dan butuhkan,” pesan Ibnu.

Sementara itu Camat Alian Kinanto dalam kata pengantarnya menyampaikan rasa syukurnya atas terselenggaranya kegiatan ini yang dirintis bersama Penyuluh Agama Islam, Kantor Urusan Agama (KUA) dan Kecamatan Alian.

Kinanto berharap Safari Subuh bisa terus berjalan sekaligus sebagai sarana sosialisasi program Pemerintah Kabupaten Kebumen dan Kemenag menuju Kebumen SEMARAK (Sejahtera, Mandiri, Berakhlak, Bersama Rakyat).  Momen ini juga diharapkan sekaligus mendukung  pengentasan kemiskinan dengan memberi spirit kebiasaan bangun lebih pagi, dan  mengawali aktivitas  ibadah subuh berjamaah.

Dalam kesempatan tersebut Kakankemenag Kebumen juga menyampaikan siraman rohani dilanjutkan dengan dialog bersama warga. Kesempatan ini digunakan oleh beberapa pengurus takmir dan warga/jemaah calon haji meminta keterangan atau bahkan mengadu kepada Kakankemenag. Mereka juga berharap kegiatan semacam ini terus dilaksanakan. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.