Senin, 27 Januari 20

Jokowi: Semangat Apkasi Menciptakan Masyarakat Madani

Jokowi: Semangat Apkasi Menciptakan Masyarakat Madani
* Presiden Jokowi membuka Rapat Kerja Nasional Apkasi ke XI 2018.

Tangerang, Obsessionnews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara resmi membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke XI Asosiasi Pemerintah Kabupaten Indonesia (Apkasi) di ICE BSD, Jalan BSD Grand Boulevard Raya, BSD City, Tangerang, Banten, Jumat (6/7/2018).

Rakernas tersebut dikemas dalam bentuk “Apkasi Otonomi Expo 2018 : Trade, Tourism and Investment”. Dengan tema “Meningkatkan Daya Saing Daerah dalam Merebut Pasar Global.” Kegiatan ini akan berlangsung hingga tanggal 8 Juli 2018. Dengan jumlah peserta dan pengunjungnya mencapai sekira 10 ribu orang.

Di depan ratusan kepala daerah (bupati), Jokowi mengapresiasi komitmen Apkasi yang terus mengadakan pameran yang mempromosikan produk-produk unggulan daerah. Dengan begitu kata Jokowi, msyarakat lebih percaya diri untuk menciptakan produk unggulan baru yang lebih kreatif.

“Semangat Apkasi menciptakan masyarakat Madani. Jadi kita bersyukur kepala daerah masih punya komitmen tinggi memberdayakan ekonomi masyarakat melalui sektor pariwisata, budaya, dan juga kerajinan tangan,” ujar Jokowi di lokasi.

Jokowi berharap kepala daerah bisa terus menjalin kerja sama dengan para pelaku UKM untuk mempromosikan produk lokal. Caranya bisa dengan memanfaatkan teknologi digital sebagai bagian dari strategi promosi. “Era digitalisasi ini harus kita maksimalkan untuk pengembangan bisnis ke depan agar semakin maju,” jelasnya.

Apkasi Otonomi Expo 2018 diikuti oleh Pemerintah Kabupaten, Kota, Provinsi, Kementerian, Lembaga Negara Non Kementerian, BUMN, perusahaan swasta nasional dan multinasional, atase perdagangan luar negeri dan para pelaku usaha serta industri kecil menengah.

Sekretaris Jenderal Apkasi, Prof Nurdin Abdullah mengatakan, terima kasih kepada kepada Presiden Jokowi yang telah mendukung serta membuka secara resmi membuka Apkasi Otonomi Expo 2018 yang dihadiri sejumlah kepala daerah di Indonesia.

“Terima kasih Bapak Presiden RI Jokowi telah membuka APKASI OTONOMI EXPO. Semoga tahun ini semakin banyak investasi masuk ke daerah, dan juga sinergi antara pusat dan daerah bisa terbangun dengan baik,” kata Prof Nurdin Abdullah dalam akun instagramnya.

Prof Nurdin Abdullah yang juga Bupati Bantaeng menjelaskan, kesuksesan yang dicapai pada Apkasi Otonomi Expo 2017 lalu berkat dukungan dari pemerintah pusat untuk terus memfasilitasi terbukannya pasar internasional yang lebih luas.

Apalagi, tengah era persaingan global seperti sekarang ini, Prof Nurdin Abdullah terus berupaya mendorong anggota untuk meningkatkan kemampuan agar dapat memenangkan persaingan di pasar lokal, regional, maupun di tingkat internasional. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.