Minggu, 28 November 21

Jokowi Janjikan Dana Rp100 M Setiap Kota

Jokowi Janjikan Dana Rp100 M Setiap Kota

Ambon, Obsessionnews – Tahun depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengucurkan dana injeksi senilai Rp100 miliar setiap kota, guna mempercepat pembangunan di daerah. Presiden menilai postur anggaran pembangunan infrastruktur di daerah sangat kecil sehingga perlu ada tambahan dari pemerintah pusat.

“Setelah kita hitung secara nasional anggaran pembangunan hanya 18 persen semuanya kemakan oleh anggaran rutin, anggaran aparatur,” ujar Jokowi dalam pembukaan Rakernas Apeksi XI di Ambon, Maluku, Kamis (7/5/2015).

Jokowi mengatakan dana kota tersebut akan diberikan berdasarkan usulan dari pemerintah kota setempat dengan syarat bahwa kota tersebut wajib menjalankan e-budgeting, standar onestop service serta syarat mengikat lainnya yang bisa meminimalisir penyalahgunaan.

“Rp100 miliar itu bisa tidak rutin setiap tahun kita berikan tapi bisa juga rutin setiap tahun tergantung dari penilaian,” katanya.

Presiden melanjutkan fokus penggunaan dana kota Rp100 miliar adalah untuk pembangunan pasar, pemeliharaan infrastruktur jalan, pembangunan jembatan, pelabuhan dan sarana pendidikan. Rencana tersebut menurut presiden akan dibuatkan dalam bentuk Instruksi Presiden (Inpres).

“Kita akan kumpulkan baru turun dalam bentuk Inpres juga sekolah kita beri perhatian supaya bisa diusulkan di dalam perencanaan pemerintah kota,” terang presiden.

Diakuinya bahwa nilai bantuan yang diberikan pemerintah pusat bukan terbilang kecil. Namun, Kepala Negara berharap anggaran yang besar tersebut dapat dimanfaatkan untuk mengubah wajah kota menjadi lebih bagus.

“Oleh sebab itu ini injeksi pemerintah pusat memang harus berani kita mengalihkan seperti itu. Kalau setiap kota dapat Rp100 miliar gede banget, bisa dipakai untuk pembangunan,” ucap presiden. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.