Selasa, 2 Maret 21

Jokowi akan Reshuffle Enam Menteri

Jokowi akan Reshuffle Enam Menteri

Jakarta, Obsessionnews – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dikabarkan akan melakukan perombakan kabinet (reshuffle), Rabu (12/8/2015). Informasi yang beredar di kalangan wartawan, ada 6 (enam) posisi menteri yang bakal di rotasi atau bahkan di ganti.

Menurut sumber Obsessionnews di sekitar orang dekat istana menyebut, Menko Polhukam Tedjo Edhy Purdijatno, Menko Perekonomian Sofyan Djalil dan Menko Kemaritiman Indroyono Soesilo, merupakan tiga dari enam nama menteri yang bakal tergusur posisinya.

Posisi Tedjo Edhy akan digantikan oleh Luhut Binsar Panjaitan yang semula menjabat Kepala Staf Kepresidenan atau mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Moeldoko. Sedangkan mantan Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution akan menjabat sebagai Menko Perekonomian menggantikan Sofyan Djalil. Kemudian, mantan Menko Perekonomian pada era Presiden Abdurrahman Wahid, Rizal Ramli, akan menjadi Menko Kemaritiman menggantikan Indroyono Soesilo.

Wakil Ketua DPR PDI Pramono Anung, juga akan menggantikan Andi Widjajanto sebagai Sekretaris Kabinet. Mantan pejabat Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN), Thomas Lembong, akan menjabat sebagai Menteri Perdagangan menggantikan Rachmat Gobel, serta Sofyan Djalil akan menggantikan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Andrinof Chaniago.

Kepala Staf Kepresidenan akan dijabat oleh Moh Ikhsan. Rachmat Gobel yang semula menjabat Menteri Perdagangan akan digeser menggantikan Saleh Husein sebagai Menteri Perindustrian, sedangkan Menteri Perdagangan akan diisi oleh M Lutfi.

Setelah mengumumkan reshuffle kabinet, presiden Jokowi dijadwalkan akan melantik para menteri yang baru pada pukul 13.00 WIB di Istana Negara, Jakarta. Meski belum ada kabar kepastian ini, karena hingga saat ini belum ada menteri kabinet kerja yang mengaku sudah mendapat undangan pelantikan dari Mensesneg, Pratikno. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.