Sabtu, 27 April 24

JK: Rizal Ramli Sudah Ditegur Presiden

JK: Rizal Ramli Sudah Ditegur Presiden

Jakarta,‎ Obsessionnews – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku, bahwa Presiden Joko Widodo sudah menegur Menteri Koordinator Kemaritiman Rizal Ramli untuk tidak mengeluarkan pernyataan yang menimbulkan kontroversi di masyarakat, salah satunya terkait rencana pembelian pesawat Airbus A350 oleh Garuda Indonesia.

“Itu sudah ditegur Presiden,” ujar JK di DPR, Selasa (18/8/2015).

JK juga meminta Rizal tidak asal ‎ngomong tanpa dibarengi data sebelum menyampaikan di depan publik. Menurutnya, terkait pembelian pesawat oleh PT Garuda Indonesia, pemerintah baru sebatas rencana, belum ada perjanjian jual beli seperti yang disampaikan oleh Rizal.

“Makanya, paham dulu, tidak pernah beli, baru penandatanganan letter of intent, saya berminat, bukan kesepakatan jual beli,” terangnya.

Meski demikian, JK juga belum bisa memastikan untuk mengikuti saran Rizal, agar pemerintah membatalkan pembelian pesawat Airbus A350. Ia mengatakan, usulan Rizal akan dipertimbangkan sesuai dengan keadaan.

“Sesuai keadaan namanya juga minat,” jelasnya.

Rizal sebelumnya meminta agar Garuda membatalkan pembelian pesawat Airbus A350, alasanya Garuda hanya cocok untuk penerbangan jarak jauh seperu Jakarta – Eropa atau Jakarta – Amerika. Terlebih kondisi ekonomi Indonesia masih melemah.

“Saya tidak ingin Garuda Bangkrut lagi karena sebulan yang lalu beli pesawat dengan pinjem US$ 44,5 miliar dari China Aviantion Bank untuk beli Airbus A350 sebanyak 30 unit,” ujar Rizal.

Pernyataan Rizal kemudian ditentang oleh Menteri BUMN Rini Soemarno. Ia meminta agar Rizal tidak ikut campur dengan urusan bisnis PT Garuda. Urusan tersebut merupakan urusan Kementerian BUMN, dan juga Menteri Koordinator Perekonomian. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.