Selasa, 28 September 21

Jika Hukum Tegak, Kekerasan Dapat Diredam

Jika Hukum Tegak, Kekerasan Dapat Diredam

A.Rapiudin
Jakarta– Aksi kekerasan yang kerap terjadi di Indonesia karena sikap tidak toleran tidak bisa dijadikan sebagai gambaran buruknya hukum di Indonesia. Tetapi, lebih kepada buruknya penegakan hukum dan aparat penegak hukum yang kurang tegas.

Hal tersebut diungkapkan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD saat berbicara dalam seminar “Mau Dibawa Kemana Indonesia?” di Jakarta, Selasa (11/6).

“Kalau dikatakan budaya hukum Indonesia jelek, saya sangat tidak setuju. Karena hukum di Indonesia sudah dengan konsep yang baik. Namun, kenapa jadi terlihat jelek? Karena hukumnya tidak tegak dan karena aparatnya yang belum menjalankan tugasnya dengan baik,” tegasnya.
Menurut Guru Besar Hukum UII ini, implementasi Pancasila di masyarakat sudah cukup baik untuk menentukan arah bangsa. Namun, sangat disayangkan masih munculnya gejala intoleransi dan menimbulkan kekerasan tidak diproses tuntas oleh penegak hukum.

“Jadi, masalah di Indonesia yang sekarang adalah terletak pada penegakan hukum. Itulah yang harus diurus jika Indonesia ingin lebih maju lagi,” imbuhnya.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.