Jumat, 26 April 24

Jelang Lebaran, Pemkab Kebumen Berikan Bantuan Beras 1.324,57 Ton untuk Warga Miskin

Jelang Lebaran, Pemkab Kebumen Berikan Bantuan Beras 1.324,57 Ton untuk Warga Miskin
* Bupati Kebumen Arif Sugiyanto bersama Wakil Bupati Ristawati saat Tarhim Ramadhan di Karanggayam sekaligus pemberian sembako.

Obsessionnews.com – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kebumen, Jawa Tengah, bakal memberikan bantuan beras sebanyak 1.324,57 ton untuk diberikan kepada 132.457 penerima manfaat, masing-masing KPM mendapat 10 Kg beras.

Bantuan tersebut merupakan program cadangan pangan pemerintah (CPP) 2023, berdasarkan Keputusan Kepala BAPANAS Nomor 71/KS/03.03/K/3/2023 tentang Bantuan Pangan yang nantinya bakal dikeluarkan oleh Perum Bulog di masing-masing daerah.

“Di bulan ini Insya Allah kita juga akan mengeluarkan cadangan beras di Bulog untuk bantuan ketahanan pangan sebanyak 1.324,57 ton, untuk 132.457 KPM. Masing-masing penerima atau KPM mendapat 10 Kg beras,” ujar Bupati usai shalat tarawih keliling di Mushala Istiqamah, Desa Pagebangan, Karanggayam, Kamis (6/4).

Bantuan tersebut lanjut Bupati, akan diberikan selama tiga bulan dari April hingga Juni 2023 yang disalurkan di 26 kecamatan yang ada di Kabupaten Kebumen. “Dari kecamatan kemudian disalurkan ke desa, kemudian dibagikan lagi ke KPM,” terangnya.

Lebih lanjut, Bupati menyatakan, bahwa penerima manfaat merupakan warga miskin yang datanya sudah masuk dalam DTKS. Dengan bantuan ini diharapkan bisa meredam gejolak inflasi karena kenaikan harga beras dan bahan pokok lainnya.

“Kami meyakini bantuan beras gratis tersebut bisa meredam kesulitan warga miskin terhadap lonjakan harga pangan, khususnya beras. Ada 132.457 keluarga di Kebumen tidak perlu ke pasar beli beras selama tiga bulan,” ujarnya.

Ia juga menegaskan bantuan beras yang disalurkan berkualitas bagus karena dibeli dari petani lokal pada saat panen raya pada Maret 2023.

“Sebanyak 1.324,57 ton bantuan beras yang akan kami salurkan selama tiga bulan ke depan, itu semua hasil panen petani lokal yang dibeli oleh Bulog dengan harga sesuai ketentuan,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Kebumen Teguh Yuliono mengucapkan terima kasih kepada Bulog karena menyalurkan bantuan pangan CPP pada saat yang tepat di bulan Ramadhan dan memasuki Hari Raya Idul Fitri.

Menurutnya, penyaluran bantuan beras gratis kepada 132.457 KPM selama tiga bulan tentu akan menjadi kegembiraan tersendiri bagi warga kurang mampu yang akan merayakan Lebaran bersama keluarga.

“Ini juga beras hasil panen petani Kebumen pada Februari-Maret 2023. Semoga ini memberi berkah untuk semua pihak,” katanya. (Al)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.