Minggu, 28 November 21

Jalan Tol Sumatera Difungsikan untuk Lebaran

Jalan Tol Sumatera Difungsikan untuk Lebaran

Padang, Obsessionnews – Sepanjang 22 kilometer jalan tol di Sumatera jelang lebaran difungsikan bagi pemudik yang pulang kampung untuk berlebaran.

Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU-PR) Hediyanto W Husaini mengatakan, jalan tol yang difungsikan selama mudik dan arus balik lebaran ini mulai dari Bakauheni sampai Sidomulyo. Kemudian dari Bandar Lampung sampai komplek Itera, masing-masing dua kilometer dan 20 kilometer.

“Meskipun kondisinya baru mencapai 80 persen, jalan itu dioperasikan untuk memberikan kemudahan bagi pemudik yang berlebaran pulang kampung,” kata Hediyanto W Husaini usai tampil sebagai pembicara pada seri diskusi ke-4 temu alumni dan kongres Ikatan Keluarga Alumni Universitas Andalas (IKA Unand) dengan tema Berwisata Lebaran Minim Kemacetan, Jum’at (24/6) sore.

Tahun 2017, pekerjaan jalan tol Sumatera lebih banyak dikerjakan di wilayah Sumatera Utara (Sumut). Ditargetkan sepanjang 2017 sepanjang 140 kilometer jalan tol Sumatera selesai dikerjakan.

Sementara itu, terkait kemacetan yang sering terjadi selama mudik dan balik lebaran dikupas oleh Pengamat Transportasi Publik Universitas Andalas (Unand) Dr Yossyafra.

Menurutnya, kemacetan kendaraan yang sering terjadi selama mudik dan arus balik lebaran disebabkan karena sejumlah faktor, antara lain, penambahan kendaraan yang tidak dibarengi dengan kapasitas jalan. Selain itu, pasar tumpah dan perilaku pengemudi sangat memengaruhi. Kemudian parkir dengan memakai badan jalan.

Menurutnya, untuk mengantisipasi kemacetan akibat faktor diatas, memperlebar sisi bahu jalan dan menertibkan pasar tumpah serta parkir kendaraan. Penegakan hukum bagi pihak-pihak yang melanggar perlu dilakukan, sehingga tidak ada lagi gangguan samping yang dapat menimbulkan kemacetan. (Musthafa Ritonga/@alisakinah73)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.