Sabtu, 18 Mei 24

Isu Kenaikan Suku Bunga FFR Tak Pengaruhi Inflasi Maret

Isu Kenaikan Suku Bunga FFR Tak Pengaruhi Inflasi Maret

Jakarta, Obsessionnews – Hingga kini, berbagai isu ekonomi global tidak lepas mempengaruhi nilai tukar rupiah, terutama proyeksi kenaikan suku bunga Federal Reserve atau Fed Fund Rate (FFR).

Beberapa pekan yang lalu Ketua Dewan Gubernur Federal Reserve System Janet Yellen menyatakan kehati-hatiannya dalam memutuskanan kenaikan bunga FFR lantaran khawatir akan berdampak pada perlambaan ekonomi global yang mempengaruhi pertumuhan ekonomi negara adidaya tersebut.

Meski begitu, pengaruh dari kondisi tersebut di awal bulan April, perekonomian Indonesia menunjukan perbaikan yang didorong oleh turunnya tingkat suku bunga dan penguatan kurs khususnya keadaan inflasi pada bulan Maret.

 Grafik Inflasi Terkendali april 2015 hingga akhir maret . sumber : www.Tradingeconomics.com / Statistics Indonesia
Grafik Inflasi Terkendali april 2015 hingga akhir maret . sumber : www.Tradingeconomics.com / Statistics Indonesia

Bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS), pada bulan Maret 2016 kondisi inflasi masuk dalam kategori terkendali bahkan mengalami kenaikan sebesar 0.19 persen dibanding bulan sebelumnya yang jika dihitung  dalam periode tahun dinyatakan stagnan dengan nilai 4,45 persen.

Di sisi lain, inflasi inti menurun tipis dari 3.59 persen bulan Februari menjadi 3.5 persen. Profil data inflasi ini menampilkan laju inflasi yang cenderung terkendali. (Aprilia Rahapit, @aprilia_rahapit)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.