Jumat, 26 April 24

Inilah Nama-nama Calon Menteri yang Dicoret KPK

Inilah Nama-nama Calon Menteri yang Dicoret KPK

Jakarta – Beberapa nama calon menteri yang akan membantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mulai ramai dibicarakan. Seperti dugaan awal, kabinet Jokowi akan dipilih dari berbagai latar belakang, baik dari kalangan politisi maupun dari kalangan profesional murni.

Mereka yang akan ditunjuk oleh Jokowi sudah melalui seleksi yang panjang. Salah satunya dengan dilakukan penelusuran rekam jejak oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Pusat Pelaporan ‎dan Analisis Transaksi keuangan (PPATK).

Namun, penetapan nama-nama calon menteri  oleh Presiden Jokowi tak juga kunjung usai dan bahkan melewati batas yang telah dinjajikan. Hal ini akibat ada sejumlah yang mendapat rapor merah dari rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) setelah nama-nama tersebut diserahkan oleh Jokowi kepada KPK dan PPATK.

Dari 43 nama yang sudah dilakukan penelusuran rekam jejak, KPK memberikan dua tanda warna. Warna merah sebagai tanda peringatan kepada Jokowi untuk memilih calon menterinya yang diduga punya kaitan dengan kasus korupsi. Sedangkan warna kuning, sebagai tanda waspada.

Menurut sumber orang dekat tim transisi Jokowi-JK yang diperoleh oleh Obsession News, Rabu (22/10/2014), berikut ini adalah nama-nama yang sudah disetor Jokowi ke KPK dan PPATK:

1. Puan Maharani
2. Teras Narang
3. Tjahjo Kumolo
4. Hasto Kristianto
5. Yuddy Crisnandi
6. Muhaimin Iskandar
7. Marwan Jafar
8. Siti Nurbaya
9. Ferry Mursyidan Baldan
10. Rini Soemarno

11. Khofifah
12. Luhut Pandjaitan
13. Darmin Nasution
14. Ignatius Jonan
15. Indroyono Susilo
16. Agus Martowardojo
17. Yunus Husein
18. RJ Lino
19. Retno Lestari Priansari Marsudi
20. Komarudin Hidayat

21. Jimly Assidiqie
22. Mahendra Siregar
23. Bambang Brojonegoro
24. Komjen Budi Gunawan
25. Ryamizard Ryacudu
26. Rudiantara
27. Eva Sundari
28. Anies Baswedan
29. Hamid Awaludin
30. Syafrufin

31. Pramono Anung
32. Mas Ota Santoso
33. Anwar Adnan
34. Wiranto
35. Pratikno
36. Budiman
37. Yuri Thamrin
38. Mirza Adityaswara
39. Abdul Kadir Karding
40. Rusdi Kirana

41. M Yusuf
42. Lukman Hakim Saefuddin

Sementara itu, masih kata sumber tersebut, nama-nama calon tersebut yang mendapat raport merah dari KPK antara lain adalah: Muhaimin Iskandar, Agus Martowardojo, RJ lino, Darmin Nasution, Teras Narang, Agustinus Jonan, Budi Gunawan, dan Rusdi Kirana.

Nampaknya, kini malah sudah beredar luas nama-nama calon menteri yang diberi tanda merah tersebut. Yakni, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar, mantan Menteri Keuangan Agus Martowardjojo, Dirut Pelindo II RJ Lino, mantan Gubernur BI Darmin Nasution, Gubernur Kalimantan Tengah Teras Narang, Dirut PT KAI Ignatius Jonan, Kepala Lemdikpol Polri Komjen Pol Budi Gunawan, serta CEO Lion Grup Rusdi Kirana masuk dalam datar tersebut.

Rencananya Jokowi akan mengumumkan, struktur kabinetnya Rabu (22/10/2014). Mereka yang sudah masuk dalam daftar kabinet Jokowi juga sebagian sudah dipanggil ke Istana, salah satunya adalah Komaruddin Hidayat, Rektor UIN Syarif Hidayatullah, dan Siti Nurbaya (Partai Nasdem) yang juga mantan Sekjen Depdagri dan Sekjen DPD RI. (Abn)

 

Related posts