Rabu, 16 Oktober 19

Ini Peran Pemerintah dalam Pembangunan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045

Ini Peran Pemerintah dalam Pembangunan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045
* Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (Foto: dok. Sri Mulyani Indrawati/Facebook)

Jakarta, Obsessionnews.com – Sebagai puncak peringatan Hari Oeang pada Rabu (30/10/2018 diselenggarakan Seminar Hari Oeang ke-72 bertema “Dialog Lintas Generasi: Melanjutkan Estafet Pembangunan Ekonomi Menuju Indonesia Emas 2045” di Gedung Dhanapala, Kementerian Keuangan, Jakarta.

Tampil sebagai pembicara adalah Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, ekonom Dorodjatun Kuntjoro Jakti, CEO Tokopomedia William Tanuwijaya,, dan CO Founder & CPO Ruangguru Iman Usman. Adapun yang menjadi moderator adalah Rosiana Silalahi.

Peran pemerintah untuk melanjutkan estafet pembangunan ekonomi menuju Indonesia Emas 2045 adalah sebagai penghubung masyarakat untuk akses ekonomi.

“Yang terutama adalah infrastruktur, seperti pembuatan jalan di Pulau Jawa dan luar Jawa, akses internet dan teknologi seperti proyek Palapa Ring. Dengan infrastruktur dan teknologi yang disediakan oleh pemerintah, market place seperti Tokopedia dapat menyediakan tempat berjualan bagi pengusaha keripik pisang di Aceh sehingga bisa dibeli oleh pelanggan di Papua,” tutur Sri seperti dikutip Obsessionnews.com dari tulisannya di akun Facebooknya.

Menurutnya, apa yang dilakukan pemerintah adalah mencoba untuk selalu dekat dengan perkembangan dan dinamika masyarakat. Banyak sekali ide dari masyarakat yang menggunakan teknologi informasi sebagai penghubung seluruh masyarakat.

“Pemerintah diharapkan dapat menangkap berbagai ide seperti inisiatif Ruangguru dan Tokopedia ini. Sehingga sebagai pelayan publik kita harus memiliki pola berpikir yang kritis (critical thinking) serta berpikiran terbuka (open minded) terhadap berbagai perubahan,” tandas Sri. (arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.