Sabtu, 27 April 24

IAIN Palu Siap Bantu Pemkot Wujudkan Kecamatan Religi

IAIN Palu Siap Bantu Pemkot Wujudkan Kecamatan Religi
* ektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag

Palu, Obsessionnews.com – Rektor IAIN Palu Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag menyatakan, institusinya siap membantu Pemkot Palu untuk merealisasikan pencanangan Kecamatan Palu Barat sebagai kecamatan religi di kota tersebut.

Kontribusi IAIN antara lain dengan memberikan kontribusi dalam konsep penyusunan dan pencanangan kecamatan religi di Palu bagian barat.

“Selaku perguruan tinggi Islam di Sulawesi Tengah, IAIN Palu akan memberikan sumbangsih pemikiran dan konsep-konsep dalam pencanangan kecamatan religi. Namun hal ini tentu didahului dengan Memorandum of Understanding,” ungkap Zainal, Jumat (22/7/2016).

Lebih jauh Zainal menjelaskan, IAIN akan mempersiapkan timnya yang memiliki kemampuan dan keahlian dalam penyusunan konsep pencanangan kecamatan religi sesuai dengan keinginan Wali Kota Palu Hidayat.

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Palu Hidayat mengatakan, pencanangan kecamatan religi sah-sah saja dilakukan sebagai salah satu identitas wilayah di Kota Palu dengan nuansa agama.

Hanya saja wali kota menginginkan agar kecamatan religi tidak sekedar menjadi nama belaka, melainkan harus melihat spot atau icon yang ada di Kecamatan Palu Barat untuk penunjang kecamatan religi.

Tidak hanya itu, ada unsur lain yang perlu diperhatikan, yaitu sisi pemanfaatan ruang, edukasi, wisata, serta kearifan masyarakat itu sendiri di wilayah tersebut yang harus dipertimbangkan.

Rencana pencanangan Kecamatan Palu Barat sebagai kecamatan religi diawali dari usulan Prof. Dr. H. Zainal Abidin M.Ag kepada pemerintah Kota Palu dengan melihat beberapa potensi yang dapat mendorong kecamatan religi.

Untuk merealisasikannya, perlu ada kerja sama antara Pemkot Palu dan IAIN agar proses pengerjaannya lebih sistematis. (Fath)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.