Senin, 20 September 21

Harga Gula Naik, Pembeli Sepi

Harga Gula Naik, Pembeli Sepi

Padang, Obsessionnews – Konsumen yang membeli gula menurun drastis, setelah harga gula mengalami kenaikan akhir Mei 2015. Pasca harga gula naik, setiap konsumen yang datang, lebih banyak menanyakan harga daripada membeli gula.

Salah seorang pedagang di Pasar tradisional Pasar Raya Padang, Syarif mengtakan, pembeli yang datang ke tempatnya untuk membeli gula jauh berkurang setelah harga gula mengalami kenaikan.

“Rata-rata pembeli yang datang ke sini lebih banyak menanyakan harga gula daripada membeli,” kata Syarif kepada obsessionnews.com, Minggu (7/6/2015).

Syarif mengatakan, kenaikan harga gula jelang bulan suci Ramadhan cukup siginifikan terhadap daya beli masyarakat, padahal kenaikannya tidak begitu tinggi. Harga gula di pasaran saat ini Rp13.000 per kilogaram. Harga tersebut mengalami sebesar Rp 2.000 per kilogram sejak tanggal 27 Mei 2015.

Meski mengalami kenaikan, distribusi gula tidak mengalami hambatan dan selalu lancar. Saat gula ia butuhkan selalu tersedia sesuai dengan kebutuhan ang diperlukan.

padang - gula2

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), Mudrika mengatakan, kenaikan harga sebesar Rp2.000 per kilogram disebabkan karena keterlambatan pasokan langsung dari produsen di Lampung. Keterlambatan distribusi akan segera diselesaikan, setelah pihan Disperindag berkoordinasi dengan pihak produsen pada hari Jumat (5/6).

“Kita tidak berharap hal ini terjadi. Hal ini terjadi murni karena masalah transportasi,” kata Mudrika saat dihubungi obsessionnews.com, Minggu (7/6).

Mudrika menjelaskan bahwa harga gula dalam waktu dekat akan kembali normal, paling tidak dalam minggu depan, mengingat pasokan dari produsen di daerah Lampung tengah dalam perjalanan.

Diharapkan minggu depan harga sudah kembali normal, karena pasokan gula sudah dalam perjalanan menuju Sumbar,” kata Mudrika. (Musthafa Ritonga)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.