Jumat, 2 Oktober 20

Dukung Ketahanan Pangan, Kementerian PUPR Akan Bangun Bendungan Sepaku Semoi

Dukung Ketahanan Pangan, Kementerian PUPR Akan Bangun Bendungan Sepaku Semoi
* Sungai Sepaku di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). (Foto: Kementerian PUPR)

Jakarta, Obsessionnews.com – Untuk mendukung terciptanya ketahanan air dan pangan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus menambah jumlah bendungan di Indonesia. Salah satunya yang akan dimulai pembangunannya adalah Bendungan Sepaku Semoi yang berada di Desa Tengin Baru, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Bendungan dengan kapasitas volume sekitar 11 juta m3 ini sudah cukup lama direncanakan, utamanya untuk memenuhi kebutuhan air baku Kota Balikpapan dengan kapasitas 2.500 liter/detik,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis, Selasa (30/6/2020).

 

Baca juga:

Tingkatkan Ketahanan Pangan, Bendungan Bendo Siap Digenangi Akhir 2020

Berkapasitas 28 Juta M3, Bendungan Lau Simeme Dukung Ketersediaan Air Baku di Sumut

Penanganan Longsor di Palopo, Kementerian PUPR Akan Bangun Jembatan Gantung

Alokasikan Anggaran Rp 101 Miliar, Kementerian PUPR Bangun 945 Rusun LPKB

 

Basuki menjelaskan, pembangunan bendungan tersebut tidak terkait dengan rencana pemindahan Ibu Kota Negara (IKN). Selain itu, menurutnya, sejauh ini belum ada rapat pembahasan mengenai IKN di tengah wabah Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), dan belum ada keputusan dari Presiden serta payung hukumnya.

Untuk proses lelang bendungan tersebut, Basuki menuturkan menggunakan metode design and build, sehingga lebih cepat. Menurutnya, dibutuhkan lahan dengan luas sekitar 378 hektare untuk pembangunan bendungan tersebut dan saat ini sedang dilakukan penilaian harga lahan (appraisal).

Halaman selanjutnya

Pages: 1 2

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.