Senin, 23 September 19

Desa Madani Parmusi di Muaro Jambi Kembangkan Bisnis Konfeksi untuk Umat

Desa Madani Parmusi di Muaro Jambi Kembangkan Bisnis Konfeksi untuk Umat
* Ketua Umum PP Parmusi Usamah Hisyam meresmikan Desa Madani di Kabupaten Muaro Jambi, Jumat (13/9/2019). (Foto: Albar/ OMG)

Muaro Jambi, Obsessionnews.com – Ketua Umum Pengurus Pusat Persaudaraan Muslimin Indonesia (PP Parmusi) Usamah Hisyam meresmikan Desa Madani di Desa Pudak, Kecamatan Kumpeh Ulu, Kabupaten Muara Jambi, Provinsi Jambi, Jumat (13/9/2019). Peresmian dilaksanakan di kediaman warga desa bernama Muhasim.

 

Baca:

Resmikan Desa Madani, PP Parmusi Berikan 10 Ekor Sapi di Langkat

Parmusi Kunjungi Desa Madani di Pedalaman Medan

Ujian Sidang Tesis, Ketum Parmusi Dicecar Dosen UIN Jakarta

 

Rumah Muhasim saat ini dijadikan sebagi rumah industri untuk bisnis konfeksi. Muhasim memproduksi baju-baju sekolah, baju muslim, dan kerudung untuk dipasarkan di wilayah provinsi Jambi dengan dibantu 10 karyawan. Dengan ditetapkan sebagai Desa Dani koveksi ini diharapkan bisa membantu perekonomian umat.

“Konfeksi ini harus dijadikan alat untuk mengembangkan masyarakat agar lebih sejahtera. Jadi dengam ditetapkan sebagai Desa Madani Parmusi, orientasi bisnis yang dikembangkan di konfeksii ini harus berubah, bukan hanya bisnis oriented namun harus ada aspek kepedulian sosialnya,” ujar Usamah.

 

Sebab, lanjut Usamah konfeksi ini bisa dijadikan bisnis center Parmusi untuk mendorong perekonomian umat. Hal itu sesuai dengan syarat didirikanya Desa Madani, yakni Desa Madani harus ada pemberdayaan sosial kemasyarakatan untuk kesejahteraan umat.

 

Baca juga:

Mandailing Natal Berpotensi Cukup Besar Dijadikan ‘Pilot Project’ Desa Madani

Desa Madani Parmusi di Takalar Berdayakan Umat dengan Bertanam Jagung

Perkuat Desa Madani, Parmusi Kembali Gelar Dauroh Dai Desa Madani

 

“Jadi jangan lupa kalau bisnis ini sudah maju, harus disisakan untuk amal shodaqoh, berdayakan masyarakat agar sejahtera,” tutur Usamah.

Namun sebelum sampai kesejahteraan lahiriah, Usamah menyebut kesejahteraan masyarakat di desa itu juga harus dipenuhi. Artinya, Desa Madani tidak akan mungkin terwujud jika iman dan takwa masyarakatnya lemah. Dengan paradigma dakwah, Parmusi mengajak masyarakat untuk senantiasa ikut menjalankan misi dakwah Parmusi melalui Desa Madani ini.

“Desa Parmusi ini juga akan dikelola dan didukung oleh dai pelaksana Parmusi, yakni ustaz Taufik yang sekarang sedang ikut pelatihan dai di Bogor,” jelasnya.

Muhasim pun menyampaikan tentang beberapa kendala dalam menjalankan bisnis konfeksi ini, yakni kurangnya mesin jahit, persaingan pasar yang ketat khususnya untuk bersaing dengan pabrik konfeksi berskala besar, serta mahalnya bahan baku. “Problem itu masih terus kita carikan solusinya,” ujar Muhasim.

 

Usamah pun menyarakan untuk terus berkoordinasi dengan Bisnis Parmusi Center Pusat, termasuk juga dengan pihak BNI Syariah agar bisnis konfeksi bisa lebih berkembang. Pihaknya pun siap memberikan kucuran untuk pembelian mesin jahit. Namun jika sudah ada kesiapan secara matang.

Dalam peresmian itu, Ketua Umum Parmusi Usamah Hisyam juga didampingi Ketua Majelis Penasehat PP Muslimah Parmusi Daisy Astrilita, Ketua Lembaga Dakwah Parmusi Syuhada Bahri, Wakil Ketua LDP Pusat Bukhori Abdul Shomad, Bendahara Parmusi Dewi Achyani, Waksekjen Parmusi, Mulyadi, dan Ketua PW Parmusi Jambi Kamaluddin Hafiv. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.