Minggu, 28 April 24

Parmusi Kunjungi Desa Madani di Pedalaman Medan

Parmusi Kunjungi Desa Madani di Pedalaman Medan
* Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) yang dipimpin Usamah Hisyam tiba di  Bandara Kualanamu, Kota Medan, Sumatera Utara, Senin (9/9/2019) pagi. Kedatangan PP Parmusi di Medan ini dalam rangka mengawali kegiatan Kafilah Dakwah Desa Madani Parmusi di Pulau Sumatera. (Foto: Parmusi)

Medan, Obsessionnews.com – Pengurus Pusat (PP) Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) yang dipimpin Usamah Hisyam tiba di Medan, Sumatera Utara, Senin (9/9/2019) pagi. Kedatangan PP Parmusi di Medan ini dalam rangka mengawali kegiatan Kafilah Dakwah Desa Madani Parmusi di Pulau Sumatera.

 

Baca juga:

Ujian Sidang Tesis, Ketum Parmusi Dicecar Dosen UIN Jakarta

Ketum Parmusi Resmi Sandang Gelar Magister

Desa Madani Parmusi di Takalar Berdayakan Umat dengan Bertanam Jagung

 

Usamah mengatakan, Medan menjadi daerah yang pertama dikunjungi karena ada satu desa di pedalaman kota ini sudah siap melakukan pemberdayaan masyarakat melalui konsep Desa Madani yang dicanangkan Parmusi. Desa itu terletak di Kabupaten Langkat. Dari Bandara Kualanamo perjalanan darat ditempuh kurang lebih tiga jam.

“Alhamdulillah kita sudah sampai di Medan. Dalam satu hari ini kita akan melakukan perjalanan ke pedalaman kota Medan untuk melihat secara langsung perkembangan Desa Madani Parmusi yang sudah berjalan selama setahun ini,” ujar Usamah.

Menurut Usamah, konsep Desa Madani sudah berjalan di seluruh provinsi yang ada di Sumatera. Termasuk juga di provinsi-provinsi lain di seluruh Indonesia. Parmusi menyasar daerah-daerah terpencil dan pedalaman untuk dijadikan objek Desa Madani. Bagi Usamah, wilayah-wilayah itu lah yang harus diperkuat ekonomi kerakyatanya.

“Melalui Desa Madani ini ekonomi umat dibentuk dan dikelola dengan memaksimalkan potensi masyarakat yang ada di desa, baik melalui pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan, dan juga kelautan,” tuturnya.

Dalam Kafilah Dakwah Desa Madani Parmusi ini Usamah Hisyam juga  didampingi Sekjen Parmusi, Abdurrahman Syagaff, Ketua Majelis Penasihat PP Muslimah Parmusi Daisy Astrilita, Ketua Umum Muslimah Parmusi Nurhayati Payapo, Ketua Lembaga Dakwah Parmusi Syuhada Bahri, dan Bendahara Umum Parmusi Dewi Achyani, serta jajaran pengurus wilayah.

Setidaknya selama sembilan hari ini Kafilah Dakwah Desa Madani Parmusi ini akan melakukan perjalanan darat di tanah Sumatera, dimulai dari Medan, Mandaling Natal, Padang, Jambi, Palembang, terakhir di Provinsi Lampung. Selain peresmian Desa Madani, PP Parmusi juga akan menghadiri acara Musyawarah Wilayah Parmusi di wilayah-wilayah tersebut.

Satu minggu sebelumnya PP Parmusi yang dipimpin Usamah Hisyam sudah mengunjungi Desa Barammamase, Kecamatan Galesong Selatan, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan. Desa Barammamase ditetapkan sebagai Desa Madani Parmusi. Di tempat ini Usamah melihat langsung 100 hektar lahan sudah mulai ditanam jagung.

Usamah mengatakan, Parmusi akan mewujudkan pilot project Desa Madani di setiap provinsi hingga akhir 2019.

Terdapat empat pilar Gerakan Dakwah Desa Madani, yakni peningkatan iman dan takwa, kesejahteraan ekonomi umat, pemberdayaan sosial, dan peningkatan kualitas pendidikan. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.