Selasa, 7 Mei 24

Daun Bidara Bisa Halangi Sihir dan Jin?

Daun Bidara Bisa Halangi Sihir dan Jin?
* Daun bidara.

Daun bidara terkenal sebagai daun yang kaya manfaat. Dalam keyakinan sebagian besar Muslim, daun bidara juga terkenal mampu menghalangi sihir dan jin. Selain itu, air rebusan daun bidara memiliki manfaat ajaib untuk tubuh.

Sebenarnya manfaat daun bidara dari tinjauan kesehatan juga banyak. Namun bagi umat Islam, manfaatnya lebih banyak lagi, yaitu untuk menangkal kejahatan ghaib. Sihir dan jin dalam Islam adalah bagian dari rukun Iman. Salah satu pilar rukun Iman adalah percaya pada hal yang ghaib. Termasuk di antara hal yang ghaib selain Allah SWT, adalah sihir, jin, malaikat dan iblis.

Bahkan, Allah SWT menurunkan surat Al Falak yang isinya menceritakan tentang perempuan-perempuan penyihir yang meniupkan kejahatan sihir dari buhul-buhulnya. Artinya, Islam mengakui bahwa kejahatan yang ghaib itu memang ada.

Lalu apa saja manfaat daun bidara untuk pengobatan non medis dalam Islam? Simak artikel yang telah Sahijab rangkumkan untuk pembaca:

1. Untuk membantu pengobatan ruqyah
Manfaat daun bidara untuk ruqyah adalah salah satu yang paling populer. Pada praktiknya, daun bidara digunakan untuk ruqyah syar’iyyah untuk menangani masalah-masalah yang ditimbulkan oleh jin dan sihir yang dikirimkan oleh para ahli sihir dan dukun.

Dikutip dari suaramuslim, salah satu tabi’in yang ahli di dalam ilmu kedokteran yaitu Wahb bin Munabih menyarankan untuk menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk hingga halus. Kemudian daun bidara yang sudah halus tadi dilarutkan dalam air dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas (Mushannaf Ma’mar bin Rasyid 11/13).

2. Memandikan jenazah
Dalam sebuah hadits disebutkan bahwa ketika memandikan jenazah dianjurkan untuk menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara. Dalam daun bidara ada semacam kandungan alami untuk membersihkan kotoran.

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ

“Mandikanlah sambil mengguyurkan air yang telah dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus atau wewangian.” (HR Bukhari dan Muslim).

3. Meruqyah rumah
Meruqyah rumah sebenarnya bisa dilakukan dengan membacakan surat Al Baqarah secara utuh satu surat. Kombinasikan dengan air rendaman daun bidara yang telah dibacakan ayat-ayat ruqyah, atau surat Al Baqarah. Percikkan air rendaman bidara, ke seluruh rumah, semprotkan di pojokan-pojokan, juga di tempat yang dirasa banyak gangguan.

Menurut sebuah hadist, Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam, dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu.

لا تجعلوا بيوتكم مقابر، إن الشيطان ينفر من البيت الذي تقرأ فيه سورة البقرة

“Jangan kalian jadikan rumah kalian seperti kuburan. Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR Muslim dan At-Tirmidzi)

4. Menghilangkan depresi
Daun bidara dipercaya mengandung zat yang membuat rileks dan membuat lancar aliran darah. Dengan meramunya, tubuh dan pikiran bisa kembali menjadi tenang dan tubuh mulai membaik. (*/Sahijab/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.