Sabtu, 20 April 24

Cegah Terpapar Covid-19, Ini Imbauan Kemenag untuk Jemaah Haji

Cegah Terpapar Covid-19, Ini Imbauan Kemenag untuk Jemaah Haji
* Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Agama (Kemenag) Akhmad Fauzin. (Foto: Humas Kemenag)

Obsessionnews.com – Keberangkatan jemaah haji mensyarakatkan hasil tes polymerase chain reaction (PCR) negatif yang dilakukan paling lambat 72 jam sebelum keberangkatan. Jemaah yang hasil tes PCR-nya positif akan tertunda keberangkatannya untuk proses isolasi hingga negatif.

 

Baca juga:

Jemaah Haji Indonesia Kloter Pertama Embarkasi Solo Mendarat di Madinah

Ini Pesan Menag Yaqut saat Lepas Kloter Pertama Jemaah Haji Indonesia

FOTO PCR Bagi Calon Jemaah Haji di Gedung MUI Kota Tangerang

 

 

Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian Agama (Kemenag) Akhmad Fauzin mengingatkan jemaah haji Indonesia tentang masih adanya penyebaran virus Covid-19 di Indonesia. Meski data kasus terpapar sangat rendah, namun hal tersebut tetap perlu diwaspadai.

 

“Kami sangat berharap seluruh jemaah, baik yang telah berangkat dan yang akan berangkat, serta masyarakat pada umumnya, untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara baik,” ujar Akhmad Fauzin saat memberikan keterangan pers terkait update penyelenggaraan ibadah haji di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Senin (6/6/2022).

 

“Pesan kami bagi jemaah, tetap istirahat yang cukup, minum air putih sebelum haus, memakai masker ketika berkumpul di ruangan dan istirahat yang cukup,” sambung Fauzin yang juga salah satu Jubir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) 1443 H/2022 M.

 

Operasional penyelenggaraan ibadah haji saat ini memasuki hari ke-3 fase pemberangkatan jemaah. Total ada 5.920 jemaah dan petugas yang sudah diberangkatkan ke Arab Saudi. Mereka tergabung dalam 15 kelompok terbang (kloter).

 

“Hari ini, ada 2.046 jemaah dan petugas yang akan diberangkatkan ke Madinah. Mereka tergabung dalam lima kloter dan akan berangkat dari empat embarkasi,” papar Fauzin.

 

Berikut data rencana keberangkatan jemaah haji Indonesi pada 6 Juni 2022:

  1. Embarkasi Jakarta Pondokgede (JKG) sebanyak 1 kloter (393 orang);
  2. Embarkasi Padang (PDG) sebanyak 1 kloter (393 orang).
  3. Embarkasi Solo (SOC) sebanyak 1 kloter (360 orang);
  4. Embarkasi Surabaya (SUB) sebanyak 2 kloter (masing-masing 450 orang)

(arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.