Kamis, 23 September 21

Cara Efektif Obati Paru-paru Basah!!

Cara Efektif Obati Paru-paru Basah!!
* Ilustrasi paru-paru basah. (Foto svhlunghealth)

Paru-paru basah (pneumonia) adalah kondisi peradangan pada paru-paru dikarenakan adanya infeksi virus pada saluran pernapasan. Jangan menganggapnya sebagai kondisi ringan layaknya batuk yang bisa sembuh dengan sendirinya.

Paru paru basah bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, virus atau jamur. Selain infeksi, paru-paru basah juga dapat terjadi akibat hal lain, misalnya pneumonia aspirasi yang terjadi akibat masuknya benda asing, seperti cairan lambung, air liur, makanan, atau minuman, ke dalam saluran napas dan menimbulkan gangguan pada paru-paru. Pada kasus tertentu, paru-paru basah juga bisa muncul akibat efusi pleura.

Jika tidak diobati, paru-paru basah bisa menjadi parah dan menyiksa penderitanya. Bahkan bukan tidak mungkin merenggut nyawa. Adalah hal penting untuk berkunjung ke dokter untuk mengetahui dan mengobati penyakit ini.

Untuk menyembuhkan paru-paru basah, pengobatan rumahan tidak bisa menghilangkan penyakit dan satu-satunya cara adalah dengan melakukan pengobatan modern.

Beberapa di antaranya adalah metode drainase paru-paru yang menyedot cairan dalam paru-paru itu. Lalu pleurodesis yang yang memasukkan obat ke area paru-paru dan yang terakhir melakukan operasi.

Namun pengobatan rumahan minimal mampu mengurangi gejala dan membuat nyaman sang penderita.

Berikut ini adalah hal-hal yang bisa kamu lakukan di rumah untuk bagaimana cara mengobati gejala paru-paru basah yang mengganggu berdasarkan artikel medicalnewstoday.com.

1. Layaknya penyakit pada umumnya, sang penderita paru-paru basah harus beristirahat secukupnya dan menjauhi aktifitas fisik yang berat.

2. Penderita paru-paru basah juga harus makan makanan kaya gizi yang mempercepat penyembuhan.

3. . Walaupun paru-paru basah, pemenuhan cairan tetap dibutuhkan lewat air putih, teh herbal, hingga sup yang hangat.

4. Untuk menangani gejala batuk, sang penderita bisa meminum teh herbal pepermin, kayu putih dan fenugreek.

5. Kumuh air garam juga bisa menghilangkan gejala batuk tersebut karena ia menghilangkan lendir atau kuman dalam tenggorokan.

6. Penderita paru-paru basah umumnya susah bernapas, sehingga kopi, teh hijau, teh hitam serta air hangat bisa membuka jalur udara ke paru-paru.

7. Minuman hangat juga membantu penderita paru-paru basah yang mendapatkan gejala kedinginan.

8. Untuk mengurangi rasa sakit di dada karena batuk yang parah, minumlah teh herbal dengan campuran jahe di dalamnya.

9. Penderita paru-paru basah juga mendapatkan demam, karenanya meminum obat seperti ibuprofen bisa mengurangi demamnya tersebut.

10. Jika perlu, mengompres tubuh dengan sesuatu yang hangat dapat meredakan suhu tubuh yang mengalami demam.

Tips atau cara mengobati paru-paru basah bisa dihindari dengan salah satu metode memberikan nutrisi yang tepat kepada lambung alias makan makanan sehat.

Selain itu berolahraga, mengontrol tingkat stres, dan beristirahat secukupnya adalah kunci kesehatanmu karena menghindarkanmu dari infeksi. Butuh waktu yang lama untuk sembuh dari penyakit ini, karena itu sang penderita harus bersabar. (*/idntimes/medicalnewstoday.com)

 

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.