Selasa, 26 Oktober 21

Bupati Banjar Belajar Infrastruktur ke Kota Bandung

Bupati Banjar Belajar Infrastruktur ke Kota Bandung

Bandung, Obsessionnews – Wakil Wali Kota Bandung Oded M Danial menerima kunjungan kerja Bupati Banjar, Martapura, Kalimantan Selatan, Saidi Mansyur di Balai Kota Bandung, Kamis (25/2/2016).

Pertemuan tersebut untuk mengetahui penataan kota yang berbasis ecocity dan smart city yang telah diimplementasikan dan menjadi unggulan di Kota Bandung.

“Terkait kunjungan kami ini berkaitan dengan 3 program yang juga kami miliki, yakni ingin mengetahui pembangunan infrastruktur, peningkatan kesehatan dan peningkatan kualitas pendidikan,” ujar Saidi.

Bupati Banjar ke Bandung 2

Saidi mengaku, khususnya Pemkab Banjar ingin belajar bagaimana membangun infrastruktur terutama jalan dan jembatan, terutama untuk memperbaiki pemukiman yang kumuh.

Menurutnya, masih berupaya untuk melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan, tidk hanya mengaitkan isu lingkungan, tapi tiga lingkungan kebijakan yakni lingkungan ekonomi, pembangunan sosial.

“Semua itu tidak mudah kami lakukan, terdapat beberapa kendala dalam pencapaiannya, sementara di Kota Bandung begitu nampak perubahan, sebagai contoh begitu mudahnya merubah sungai Cikapundung menjadi ruang terbuka hijau yang telah dinikmati masyarakat,” jelas Saidi.

Bupati Banjar ke Bandung 3

Menanggapi hal tersebut, Wali Kota Bandung Oded M Danial menjelaskan dalam membangun Kota Bandung diawali dengan tiga pilar yakni kolaborasi, inovasi, dan desentralisasi. “Membangun Bandung itu dalam tiga pilar, pertama kolaborasi, inovasi dan desentralisasi,” ujarnya.

Oded mencontohkan dalam revitalisasi sungai Cikapundung, tak semudah yang dilihat sekarang. “Prosesnya sampai setahun, ada 38 Kepala Keluarga yang harus kita relokasi, dalam relokasi pun, kita juga mempersiapkan tempat relokasi terlebih dahulu,” jelasnya.

Terkait dengan lingkungan dan Smart City, Pemkot Bandung menerapkan beberapa program unggulan, di antaranya Gerakan Pungut Sampah/GPS untuk lingkungan dan membuat berbagai macam aplikasi untuk semakin membantu dan memudahkan dalam pelayanan masyarakat. (Dudy Supriyadi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.