Jumat, 26 April 24

Bromo Keluarkan Asap, Namun Masih Aman Buat Wisatawan

Bromo Keluarkan Asap, Namun Masih Aman Buat Wisatawan

Probolingggo, Obsessionnews.com- Bagi Anda yang akan ke Gunung Bromo, Jawa Timur untuk mengisi liburan Lebaran 2016, mesti hati-hati. Lantaran aktivitas vulkanik gunung yang terletak di Kabupaten Probolinggo Provinsi Jawa Timur masih cukup tinggi. Namun masih aman buat dikunjungi.

“Asap tebal putih kelabu kecoklatan keluar dari kawah Gunung Bromo. Seringkali asap ini disertai abu vulkanik tipis hingga di permukaan sesuai arah angin yang menerbangkannya. Status masih Waspada atau level II. Diperkirakan kondisi ini masih akan berlangsung lama,” ujar Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, seperti dilansir laman BNPB.go.id, Rabu (29/06/2016).

baca juga:

Kepala BNPB: Pencarian Korban Longsor Seminggu

BNPB-AS Tingkat Kerjasama

BNPB-BPPT Siapkan Hujan Buatan

Sutopo menambahkan, pariwisata Gunung Bromo tetap dibuka untuk umum. Namun, jangan dalam radius 1 km dari puncak kawah. Masyarakat tidak perlu takut atau khawatir dengan kondisi aktivitas vulkanik Gunung Bromo saat ini. Justru adanya erupsi kecil menjadikan wisata yang menarik untuk mesyarakat memahami gunungapi.

Kondisi pengamatan Gunung Bromo dari Pos Pengamatan Gunung Bromo PVMBG pada Rabu (29/6/2016) pukul 08.00 Wib:

I.Visual: Cuaca cerah-mendung, angin tenang, suhu 12-19°C. Hujan gerimis-deras (45.4mm). Gunung Bromo jelas-kabut. Asap kawah teramati putih kelabu kecoklatan sedang-tebal, tekanan lemah-sedang, tinggi asap berkisar 200-1000 meter dari puncak kawah kearah barat-selatan. Suara gemuruh lemah-kuat. Hujan abu tipis di pos PGA.

II.Seismik :
Tremor Amax: 0.5-24mm dominan 3 mm

III. Status: Gunung Bromo WASPADA

IV. Rekomendasi:
Dalam status WASPADA masyarakat di sekitar Gunung Bromo dan pengunjung/wisatawan/pendaki tidak diperbolehkan memasuki kawasan dalam radius 1 km dari kawah aktif Gunung Bromo.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.