Sabtu, 27 April 24

BLOT 2023 Jadi Bagian Seri Asia Trail Master

BLOT 2023 Jadi Bagian Seri Asia Trail Master
* Owner EO Arras Adventure Julita Mada Saragih . (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara dan Event Organizer (EO) Arras Adventure telah menggelar Bukit Lawang Orangutan Trail (BLOT) 2023. Olahraga ini bukan pertama kali digelar, melainkan yang kedua kali. Perhelatan sebelumnya Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) sudah diselenggarakan untuk yang pertama kali pada bulan Mei 2022 lalu.

”Event ini merupakan event ke 2 yang kami selenggarakan,” ujar  Owner EO Arras Adventure Julita Mada Saragih melalui pesan singkatnya kepada obsessionnews.com, Selasa (30/5/2023).

Baca juga: BLOT 2023 Segera Digelar

Perhelatan olahraga lari gunung ini berawal dari keinginan Wakil Gubernur Sumatera Utara Musa Rajekshah (Ijeck) yang ingin membangun dan membangkitkan pariwisata di Sumut.

”Berawal mendengar niat tulus Bapak Wagub Sumut Bapak Ijeck yang ingin sekali membangun dan membangkitkan kembali pariwisata di Bukit Lawang ini. Sebagai putri daerah, saya bersama Event Director kita, Ibu Tense Manalu yang  ingin berkontribusi membangun SUMUT melalui Sports Tourism. Dengan bantuan dan semangat dari teman2 penggiat wisata di Bukit Lawang dan pastinya dengan dukungan dari pemerintah Sumatera Utara kami memulai membuat event ini,” ucap Julita.

Dia menambahkan, tahun lalu event serupa, yakni Bukit Lawang Jungle Trail Run (BLJTR) berjalan dengan sukses dan memberikan dampak positif bagi masyarakat Bukit Lawang dan sekitarnya.

”Dengan alasan ini kami bertekad agar Event ini menjadi Event Tahunan Sumatera Utara yang ditunggu tunggu pencinta lari trail di Indonesia bahkan di Dunia. Pastinya kami tidak dapat melaksanakan event ini  tanpa dukukungan dari Pemerintah Daerah juga Pemerintah Pusat,” kata Julita.

Dia mengungkapkan, BLOT 2023 ini telah menjadi bagian dari seri Asia Trail Master (ATM), terdaftar di asosiasi lari Trail dunia yaitu ITRA & UTMB. ”Total peserta BLOT 2023 sebanyak 700 pelari,  termasuk pelari negara asing sejumlah 13 negara. Sedangkan total SDM mencapai 300 orang,” ujarnya.

Baca juga: Menpora Berharap Bukit Lawang Orangutan Trail Run 2023 Jadi Motor Penggerak Sport Tourism di Indonesia

Julita Bersyukur Bukit Lawang salah satu desa wisata terbaik di Indonesia. ”Alhamdulillah tahun ini Bukit Lawang masuk ke dalam 75 desa wisata terbaik di ajang Anugrah Desa Wisata Indonesia 2023 dari 4,573 desa wisata yang berjuang,” katanya.

CEO Rudy Project Indonesia ini berharap dengan event ini, daerah Langkat khususnya Bukit Lawang akan terus bertumbuh menjadi salah satu destinasi Wisata yang berstandard International di Indonesia.

”Kami mengharapakan pemerintah daerah dan Pemerintah pusat untuk lebih memperhatikan pembangunan infrastructure, mendatangkan investor untuk membangun hotel dan fasilitas lainnya,” pungkas Julita. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.