Kamis, 23 September 21

‘Birokrasi Online’ Permudah Ekspor Impor Masyarakat

‘Birokrasi Online’ Permudah Ekspor Impor Masyarakat

Semarang, Obsessionnews – Rencana sinkronisasi lembaga terkait ekspor impor secara online akan segera direalisasikan mulai 1 Juli mendatang. Demikian disampaikan Plh General Manager Terminal Peti Kemas Semarang (TPKS), Agus Budi Irianto di kantor Pelindo III, Kamis (25/6/2015).

“Betul, dalam waktu dekat akan diluncurkan. 1 Juli ini kita trial, persiapan-persiapan sudah dilakukan, baik dengan bea cukai maupun instansi lainnya,” terang Agus.

Program tersebut bertujuan untuk mengurangi dwelling time yang seringkali menjadi momok para eksportir maupun importir. Lembaga-lembaga terkait akan memangkas sebagian besar birokrasi.

Terpisah, Asisten Manajer Perencanaan Operasi TPKS, Oko Putra Prasetya menjelaskan pelayanan online ini akan semakin mempermudah masyarakat jika ingin mengirim barang keluar negeri.

“Bea cukai, TPKS, Pelayaran semua akan terkoneksi di online. Jadi lebih gampang,” ujarnya.

Oko Putra Prasetya menjelaskan jaringan online ini akan memberikan pelayanan lebih bagi para pelaku usaha
Oko Putra Prasetya menjelaskan jaringan online ini akan memberikan pelayanan lebih bagi para pelaku usaha

Jika sebelumnya pelaku usaha harus mengisi dokumen secara manual, nantinya mereka cukup mengetik formulir di kediaman masing-masing tanpa harus berulang kali datang ke kantor TPKS atau instansi lain.

“Sosialisasi akan dilakukan dalam waktu dekat. Semoga dengan adanya program ini, gairah masyarakat untuk transaksi ekspor impor lebih meningkat,” tambahnya. (Yusuf IH)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.