Sabtu, 16 November 19

Bicara Soal Oposisi, Surya Paloh: Semua Kemungkinan Bisa Saja Terjadi

Bicara Soal Oposisi, Surya Paloh: Semua Kemungkinan Bisa Saja Terjadi
* Pertemuan para petinggi NasDem dengan Petinggi PKS. (Foto: Albar / OMG)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ada beberapa hal yang menarik dari hasil pertemuan antara Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh dan petinggi PKS yang dipimpin Presiden PKS Sohibul Iman. Selain membicarakan soal kebangsaan, keduanya sepakat untuk bisa menciptakan demokrasi yang lebih sehat di DPR dengan mengedepankan fungsi kontrol terhadap pemerintah.

 

Baca juga:

NasDem dan PKS Sepakat Perkuat Fungsi ‘Checks and Balances’ di DPR

Berkunjung ke DPP PKS, Surya Paloh Diajak Jadi Mitra Kritis Pemerintah

Rabu Sore Surya Paloh Akan Melakukan Pertemuan dengan Petinggi PKS

 

NasDem sejak awal memang menegaskan berada dalam pemerintahan Jokowi. Bahkan penegasan itu kembali ditekankan dalam pertemuannya dengan petinggi PKS. Namun, Paloh tak menampik bahwa politik itu sangat cair dan dinamis, segala kemungkinan itu bisa saja terjadi. Termasuk NasDem menjadi oposisi di era pemerintahan Jokowi.

“Bukan masalah ada kemungkinan (NasDem) akan berhadapan dengan pemerintah atau tidak. Seluruh kemungkinan kan ada saja. PKS di luar kan bisa jadi ada di dalam. Saya kira ada (kemungkinan PKS ke dalam pemerintahan), kita tak tahu itu kapan,” ujar Paloh di kantor DPP PKS,  Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Rabu (30/10/2019).

Namun, Surya mengingatkan kembali, bahwa segala kemungkinan arah politik itu harus diniatkan untuk membangun bukan menjatuhkan. “Tapi probability, teori kemungkinan itu, semuanya harus dilakoni dengan pikiran yang sehat dan baik,” lanjut Paloh.

Paloh mengaku tak khawatir dengan persepsi publik yang mengartikan bahwa NasDem akan berubah jadi oposisi. Terlebih dengan adanya pertemuan dengan para petinggi PKS. Yang pasti Paloh menegaskan, komunikasi dirinya dengan petinggi PKS untuk kepentingan dan kemajuan bangsa Indonesia ke depan.

“Kami bisa lebih hangat bersama, kami bisa sharing ide bersama, nah itu sebetulnya yang dibutuhkan oleh masyarakat. Dan kami percaya itu memberikan sumbangsih bagi satu proses pendidikan politik yang ada di negeri ini,” ucapnya.

Menanggapi pernyataan Paloh, Presiden PKS Sohibul Iman mengatakan, Fraksi NasDem dan Fraksi PKS di DPR akan melakoni fungsi check and balances ke pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. Namun, kritikan kepada pemerintahan yang disampaikan oleh PKS dan NasDem tentu berbeda.

“Kalau nanti Bang Surya dan pasukannya itu kritis kepada pemerintah saya kira tetap disadari oleh kesadaran bahwa NasDem ada di dalam pemerintahan. Tentu kritiknya berbeda dengan PKS,” tutup Sohibul. (Albar)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.