Selasa, 7 Desember 21

Bendungan Rukoh Berpotensi Jadi Sumber PLTA

Bendungan Rukoh Berpotensi Jadi Sumber PLTA
* Pembangunan Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Pidie, obsessionnews.com – Dalam upaya mendukung terciptanya ketahanan air dan kedaulatan pangan, pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gencar menambah jumlah bendungan di Indonesia. Salah satu di antaranya adalah pembangunan Bendungan Rukoh di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh.

 

Baca juga:

Basuki Hadimuljono Minta Pemanfaatan Bendungan Teritip Dimaksimalkan

Kementerian ATR/BPN Komitmen Percepat Proses Pengadaan Tanah Pembangunan Bendungan Bulango Ulu

Bendungan Margatiga Ditargetkan Rampung Akhir 2021

 

Dikutip obsessionnews.com dari akun resmi Facebook Kementerian PUPR, Senin (18/10/2021), Bendungan Rukoh memiliki luas area genangan mencapai 716,10 hektar (ha) dan disiapkan untuk menampung air hingga 128,66 juta m3.

 

Bendungan ini juga akan mengairi lahan persawahan Daerah Irigasi Baro Raya seluas 11.950 ha khususnya di Kecamatan Keumala dan Kecamatan Sakti, Kabupaten Pidie. Saat ini progres konstruksinya telah mencapai 28% dan ditargetkan akan rampung pada tahun 2023.

 

Selain sebagai sumber irigasi, Bendungan Rukoh juga bermanfaat untuk pemenuhan kebutuhan air bersih dan penyediaan air baku sebesar 0,90 m3/detik bagi 22.848 jiwa di Kecamatan Titue dan kecamatan lainnya di Kabupaten Pidie. Bendungan ini juga berpotensi menjadi sumber pembangkit listrik tenaga air (PLTA) sebesar 1,22 MW, mengatasi permasalahan banjir di Kabupaten Pidie untuk periode ulang 50 tahunan, dan sebagai destinasi wisata baru yang akan menumbuhkan ekonomi lokal. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.