Kamis, 27 Januari 22

Bendungan Margatiga Ditargetkan Rampung Akhir 2021

Bendungan Margatiga Ditargetkan Rampung Akhir 2021
* Pembangunan Bendungan Margatiga di Provinsi Lampung. (Foto: FB Kementerian PUPR)

Jakarta, obsessionnews.com – Pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) gencar membangunan berbagai infrastrutur, termasuk bendungan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satu bendungan yang tengah dibangun adalah Bendungan Margatiga di Provinsi Lampung. Bendungan yang dikerjakan sejak Desember 2017 ini direncanakan rampung pada  akhir tahun 2021. Saat ini progres pekerjaan mencapai 80,83%.

 

Baca juga:

Bendungan Gongseng Miliki Lima Potensi Manfaat

Bendungan Paselloreng Dukung Sulsel sebagai Lumbung Pangan Nasional

 

Dikutip dari laman Facebook Kementerian PUPR, Kamis (30/9/2021), disebutkan bendungan yang memiliki kapasitas tampung 42,31 juta m3 ini diproyeksikan akan mengairi 16.588 ha lahan irigasi (daerah irigasi (DI) Jabung Kiri 5.638 ha, DI Jabung Kanan 10.950 ha). Penyediaan air irigasi akan dapat meningkatkan intensitas tanam DI Jabung hingga 200%. Selain itu juga dapat dimanfaatkan untuk penyediaan air baku di Lampung Timur 0,80 m3/detik, reduksi banjir 83.1 m3/detik, konservasi air, dan pengembangan wisata.

 

Bendungan Margatiga nantinya akan mengoptimalkan pemanfaatan air Sungai Way Sekampung khususnya di bagian hilir, dan sudah terintegrasi dengan dua bendungan lain yaitu Bendungan Way Sekampung yang baru diresmikan pada 2 September 2021 dan Bendungan Batutegi yang sudah selesai 2004 silam. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.