Rabu, 28 September 22

Bendungan Paselloreng Dukung Sulsel sebagai Lumbung Pangan Nasional

Bendungan Paselloreng Dukung Sulsel sebagai Lumbung Pangan Nasional
* Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi meninjau Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), Kamis (9/9/2021). (Foto: FB Jokowi)

Wajo, obsessionnews.com – Bendungan Paselloreng di Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (Sulsel), mulai dibangun tahun 2015, dan menelan biaya Rp771 miliar. Hari ini, Kamis (9/9/2021), Bendungan Paselloreng sudah rampung dibangun dan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bendungan ini telah dilengkapi pula dengan Bendung Irigasi Gilireng yang akan mendukung Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

Baca juga:Perkuat Ketahanan Pangan Nasional, Pemerintah Targetkan Selesaikan Pembangunan 17 Bendungan Tahun Ini

Dikutip obsessionnews.com dari akun Facebook Jokowi, Kamis, disebutkan  Bendungan Paselloreng memiliki luas genangan 1.258 hektare dengan daya tampung hingga 138 juta meter kubik. Bendungan ini akan mampu mengairi 8.500 hektare sawah dan meningkatkan frekuensi tanam para petani sekitar.

“Bendungan Paselloreng juga akan berfungsi untuk pengendalian banjir dari Sungai Gilireng, menyediakan air baku bagi enam kecamatan di Kabupaten Wajo, juga sebagai daerah konservasi,” kata Jokowi.

Pemerintah, lanjutnya, berkomitmen menyediakan suplai air secara berkelanjutan untuk menjaga ketahanan pangan nasional, salah satunya dengan menyelesaikan 17 bendungan yang tersebar di seluruh Indonesia hingga Desember mendatang. (red/arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.