Sabtu, 20 April 24

Kementerian ATR/BPN Komitmen Percepat Proses Pengadaan Tanah Pembangunan Bendungan Bulango Ulu

Kementerian ATR/BPN Komitmen Percepat Proses Pengadaan Tanah Pembangunan Bendungan Bulango Ulu
* Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra menghadiri pertemuan terbatas dengan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Hotel Aston Gorontalo. (Foto: Hms ATR/BPN)

Gorontalo, Obsessionnews – Pembangunan Bendungan Bulango Ulu yang telah ditetapkan sebagai Proyek Strategis Nasional (PSN) tentunya perlu melibatkan peran banyak pihak. Termasuk di dalamnya terkait dengan proses pengadaan tanah bagi pembangunan untuk kepentingan umum yang dilaksanakan Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Terkait dengan percepatan proses pengadaan tanah proyek pembangunan Bendungan Bulango Ulu, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN, Surya Tjandra menghadiri pertemuan terbatas dengan Wakil Ketua DPR RI, Rachmat Gobel dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah di Hotel Aston Gorontalo, Selasa (28/09/2021).

Sebagai tindak lanjut dari pertemuan tersebut, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN menyatakan kesiapannya dalam mendukung percepatan proses pengadaan tanah pembangunan Bendungan Bulango Ulu. “Kita siap bantu dan memang menjadi suatu keharusan untuk kita berperan dalam menyukseskan pembangunan PSN,” kata Surya Tjandra ketika diwawancarai secara terpisah saat menghadiri pertemuan dengan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie di Ruang VIP Bandara Lama Gorontalo, Kamis (30/09/2021).

Lebih lanjut, Surya Tjandra mengungkapkan sebagai komitmen dalam percepatan proses tersebut, ia terus mendorong konsolidasi, baik itu dari pihak internal maupun eksternal. “Untuk itu, kita mohon dukungan dari semua pihak. Di jajaran internal kami sudah melakukan konsolidasi, kita susun strategi percepatan bersama. Kemudian dari pihak eksternalnya kami akan laporkan juga kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, untuk kemudian dilakukan konsolidasi ke Gubernur dan pihak-pihak terkait di dalam prosesnya,” kata Surya Tjandra.

“Tentunya kita juga akan percepat proses pengadaan tanahnya berdasarkan lokasi prioritas pembangunan yang telah ditentukan oleh Balai Wilayah Sungai setempat. Dan ini perlu kerja sama yang kuat,” tutur Surya Tjandra.

Komitmen percepatan juga dinyatakan Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Gorontalo, Wartomo. Ia menyatakan dalam menyukseskan PSN memang harus didukung oleh semua pihak. Dari pihak internal, ia pastikan akan segera dilakukan perbaikan-perbaikan yang sesuai dengan ketentuan. “Di samping itu, kita juga harus memperhitungkan waktu agar PSN ini dapat terwujud dalam waktu yang tidak terlalu lama, maka dari itu kami telah menargetkan, pasti akan kita akselerasi dan prioritaskan,” ujar Wartomo.

Terkait dengan peran lintas sektor dan permasalahan yang menyangkut masyarakat banyak, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Gorontalo menyatakan akan berkoordinasi lebih lanjut dengan pihak-pihak terkait, baik itu dari Balai Wilayah Sungai, Aparat Penegak Hukum, Pemerintah Daerah dan masyarakat itu sendiri. “Karena penyelesaian masalah yang menyangkut masyarakat kan tidak bisa diselesaikan oleh BPN sendiri. Harus didukung banyak pihak. Yang jelas kita komitmen melakukan percepatan pembangunan PSN ini,” pungkasnya. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.