Sabtu, 11 Mei 24

Begini Cara Identifikasi Kulit Asli yang Digunakan pada Tas

Begini Cara Identifikasi Kulit Asli yang Digunakan pada Tas
* Ilustrasi tas kulit Fossil. (Foto: Istimewa)

Obsessionnews.com – Beberapa orang cenderung mengincar gaya penampilan yang berkelas dan elegan dengan cara membeli serta memakai tas yang terbuat dari kulit asli. Namun, seiring dengan popularitasnya, makin banyak oknum yang berusaha menjual tas dengan kulit sintetis yang dipasarkan bak tas kulit asli.

Namun, Anda bisa menghindari modus penipuan tersebut jika Anda jeli memperhatikan tampilan produk yang akan Anda beli. Inilah beberapa langkah yang bisa Anda coba praktikkan agar bisa mengidentifikasi keaslian material kulit yang dipakai pada tas Anda.

7 Cara Identifikasi Kulit Asli yang Digunakan pada Tas

Ada berbagai cara identifikasi kulit asli yang bisa Anda praktikkan demi melihat keaslian material kulit dari tas yang Anda beli. Berikut beberapa di antaranya!

1. Memeriksa Label

Penjual produk dari kulit, termasuk tas biasanya akan bangga menyematkan label yang menandakan bahwa produknya terbuat dari kulit asli, yakni dengan memberikan label Real Leather, Genuine Leather, Top/Full Grain Leather, atau Terbuat dari Produk Hewan.

Jika penjual justru mencantumkan label Handmade Material, maka berarti penjual telah mengakui bahwa produknya terbuat dari bahan sintetis atau buatan.

2. Memeriksa Tekstur Permukaan

Jangan langsung kecewa jika Anda mendapati cacat atau cela sedikit pada tas kulit yang Anda beli karena hal ini justru merupakan bukti bahwa bahan kulit yang digunakan untuk tas yang Anda beli adalah bahan kulit asli.

Justru Anda harus curiga jika tekstur permukaan tas terlihat rapi dan minim goresan maupun kerutan karena hal ini malah menandakan bahwa bahan terbuat dari mesin pabrik alias kulit palsu.

3. Tekstur saat Kulit Ditekan

Anda juga harus mencoba melakukan sedikit tekanan terhadap permukaan tas kulit Anda dan memeriksa bagaimana respons permukaan produk tersebut. Jika tekstur kulit terlihat berkerut saat ditekan, maka produk yang Anda miliki terbuat dari kulit asli.

Namun, jika permukaan tas kulit Anda terlihat melesak dan kembali ke bentuk semula begitu dilepas, maka sudah bisa dipastikan bahwa produk yang Anda miliki dibuat dari kulit pabrikan alias palsu.

4. Mengendus Bau Produk

Jika Anda sudah terbiasa membeli tas yang terbuat dari material sintetis, maka Anda akan familiar dengan bau-bauan plastik dan bahan kimia yang digunakan. Kecuali produk mengeluarkan aroma mirip plastik dan bahan kimia, kecil kemungkinannya jika produk tersebut terbuat dari kulit sintetis.

Cara ini tidak hanya bisa digunakan saat Anda berbelanja langsung, tetapi juga ketika Anda berbelanja online. Anda bisa melakukan unboxing dan memeriksa keaslian material. Jika tidak sesuai klaim, maka Anda bisa langsung mereturnya.

5. Memeriksa Tepian Produk

Kulit asli merupakan jaringan yang tersusun dari banyak serat sehingga tas kulit yang terbuat dari material ini akan memiliki tepian yang sedikit kasar hingga berjumbai. Lain halnya dengan potongan tepian tas dari kulit sintetis yang cenderung rapi dan sempurna karena dibuat langsung oleh mesin sehingga tidak memiliki serat.

6. Melipat Bahan

Sama halnya dengan saat melakukan tekanan pada permukaan produk, tindakan melipat permukaan dari tas kulit asli akan menunjukkan perubahan warna. Selain warna yang berubah Anda juga bisa merasakan beda keelastisan antara produk yang terbuat dari bahan kulit asli ataupun bahan kulit sintetis. Kulit sintetis biasanya akan lebih kaku dan sulit dilipat.

7. Menguji dengan Api

Karena cara ini dapat merusak estetika produk, Anda hanya boleh melakukannya sebagai pilihan terakhir dan ketika Anda sudah benar-benar membeli produk.

Anda bisa menguji dengan mendekatkan api ke area permukaan tas yang cukup tersembunyi selama 5 hingga 10 detik.

Bahan kulit yang asli akan mengeluarkan aroma seperti rambut yang dibakar, sedangkan bahan kulit sintetis akan berbau seperti plastik yang dibakar.

Itulah beberapa trik yang bisa Anda praktikkan untuk menguji keorisinilan bahan kulit yang digunakan dalam tas yang Anda beli. Salah satu produk tas berbahan kulit yang bisa Anda beli adalah produk yang dibuat oleh brand Fossil.

Anda bisa membeli tas kulit asli dari Fossil dengan datang langsung ke gerai tas konvensional di kota Anda atau bisa juga dengan berkunjung ke authorized online merchant-nya yang bekerja sama dengan e-commerce besar seperti Blibli.

Di Blibli, selain bisa mendapatkan produk orisinal dengan harga bersaing, Anda juga bisa menikmati penawaran seperti promo potongan harga, diskon gratis ongkos kirim, hingga jasa pengiriman super cepat yang bisa Anda sesuaikan dengan preferensi dan kebutuhan berbelanja Anda.

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.