Sabtu, 2 Juli 22

Bawaslu Mendengar Dapat Menyukseskan Pemilu 2024

Bawaslu Mendengar Dapat Menyukseskan Pemilu 2024
* Ketua Bawaslu Rahmat Bagja. (Foto: Kapoy/obsessionnews)

Obsessionnews.com – Dalam menyusun rencana strategis dan program, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI menggelar acara ‘Bawaslu Mendengar’ salah satu hotel bilangan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu (15/5/2022). Dalam acara ini, Bawaslu menampung masukan dari berbagai stakeholder terkait pemilu.

Menurut Ketua Bawaslu Rahmat Bagja, acara ini penting diadakan agar Bawaslu mendapat uluran tangan untuk gotong royong menyukseskan Pemilu 2024 mendatang. Dia melihat, saran dan masukan dari stakeholder dapat membuat kinerja Bawaslu dapat lebih baik lagi.

Baca juga: Jelang Pemilu 2024, Bawaslu Mantapkan Enam Program Prioritas Ini

Tidak hanya itu, dia melihat banyak bekal dari kepemimpinan sebelumnya yang sangat baik untuk dilanjutkan menjadi program yang dapat dikembangkan. Sehingga nantinya masukan tersebut dapat menjadi rencana jangka panjang.

“Maka dari acara ini kita bisa mendengar masukan-masukan menjadi modal dasar dalam membuat program dan rencana,” jelas Bagja dalam sambutannya.

Bagja pun menyebutkan, Bawaslu mengundang beberapa stakeholder guna mendapat pandangan di antaranya terkait pengawasan dana kampanye dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), pengawasan pemilu dan pilkada di luar negeri dan persiapan penyusunan Perbawaslu.

Baca juga: Tangani Pelanggaran Pemilu, Ini yang Diinginkan Bawaslu

“Kami harapkan kali ini Bawaslu banyak mendengar daripada berbicara. Kami harap banyak masukan baik yang dapat kami terima, lalu bagaimana tema-tema selanjutnya,” katanya.

Secara umum, lanjut Bagja, Bawaslu akan terjalin komunikasi dengan para pihak kepemiluan sehingga dapat memperkuat pengawasan pemilu dan memudahkan dalam menyelesaikan masalah. Juga, adanya saran, masukan dan aspirasi dari stakeholder diharapkan dapat membangun kinerja Bawaslu.

Ke depannya, kata dia, ‘Bawaslu Mendengar’ direncanakan hadir dengan berbagai tema khusus dengan mengundang pegiat media, komunitas perempuan, pemantau pemilu, pegiat disabilitas, organisasi masyarakat (ormas), penegak hukum, mahasiswa dan pemuda, pemilih pemula serta akademisi.

Untuk diketahui, acara ini dihadiri beberapa Anggota Bawaslu periode 2008-2012 yaitu Nur Hidayat Sardini, Bambang Eka Cahya, Wahidah Suaib, Wirdyaningsih, juga Anggota Bawaslu periode 2012-2017, Prof. Muhammad, Nasrullah, Endang W, Nelson Simanjuntak dan Anggota Bawaslu periode 2017-2022, Abhan, Fritz Edward Siregar, Ratna Dewi Pettalolo, Mochammad Afifuddin.

Beberapa stakeholder yang hadir dalam acara ini baik luring dan daring yaitu Kementerian Hukum dan HAM, Dirjen Kementerian Dalam Negeri, Dirtipidum Bareskrim Polri, ASOPS TNI, KIP, PLT Deputi Pencegahan PPATK, KASN, KPI, KPAI. Selain itu pemantau pemilu seperti KIPP, Perludem, IPC, Puskapol UI, SPD, AMAN, Netfid, Koalisi Perempuan Indonesia, Kemitraan, Migrant Care, ANBTI, FAMM Indonesia. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.