Minggu, 3 Maret 24

Bank Neo Commerce Gandeng Kelurahan Tambora Tangani Stunting dan Pencemaran Lingkungan

Bank Neo Commerce Gandeng Kelurahan Tambora Tangani Stunting dan Pencemaran Lingkungan
* Kerjasama Bank Neo Commerce dan Kelurahan Tambora Kurangi Stunting dan Pencemaran Lingkungan, Selasa (28/11/2023). (Foto: Dokumentasi BNC)

Obsessionnews.com –  Dalam rangka melangsungkan aksi tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR), PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC) bekerja sama dengan Kelurahan Tambora, Jakarta Barat untuk menangani isu stunting dan pencemaran lingkungan di kawasan tersebut yang hingga saat ini masih memerlukan bantuan dan keterlibatan aktif dari banyak pihak.

Penanganan pengentasan stunting dilaksanakan dengan memberikan makanan sehat dan bergizi kepada puluhan balita di wilayah Kelurahan Tambora. Seperti diketahui, isu stunting atau kekurangan gizi turut menjadi  salah satu program utama Kementerian Kesehatan di tahun 2023.

Baca juga: Edukasi Stunting Secara Menyenangkan Lewat Permainan “Nutrition Impact”

Menurut data, di DKI Jakarta terdapat 36 ribu anak yang memiliki masalah gizi dan rawan terkena stunting dimana 21 ribunya adalah balita. Stunting pada anak merupakan dampak dari defisiensi nutrisi selama seribu hari pertama kehidupan.

Selain stunting, aspek lingkungan juga mendapatkan perhatian serius dari BNC. Berdasarkan data, tercatat masih banyak wilayah padat penduduk di Jakarta yang belum memiliki septic tank. Hal ini tentu saja mengakibatkan potensi tercemarnya lingkungan dan kesehatan masyarakat yang serius.

Pejabat Sementara (Pjs.) Direktur Utama Bank Neo Commerce, Aditya Windarwo, mengatakan BNC bersama dengan pemerintah setempat, yang dikenal sebagai salah satu kelurahan di Jakarta yang padat penduduk, secara aktif berupaya menangani dua hal ini dan berupaya agar kegiatan CSR bisa bermanfaat bagi masyarakat di Kelurahan Tambora, Jakarta Barat. 

“Sebagai bank yang peduli terhadap isu lingkungan dan kesehatan masyarakat, BNC terlibat langsung untuk membantu pemerintah daerah dalam beberapa program prioritasnya, yaitu pada penanganan stunting pada balita dan juga penyediaan septic tank komunal di lingkungan padat penduduk,” kata Aditya, dilansir dari siaran pers, Jumat (1/12/2023).

“BNC berterima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan Kelurahan Tambora yang telah membuka kesempatan bagi BNC untuk dapat berkontribusi dengan melakukan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Tambora,” sambungnya.

Menanggapi hal ini, Lurah Tambora Achmad Bayhaki mengatakan bahwa Tambora merupakan wilayah padat penduduk yang masyarakatnya semakin peduli terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan di wilayahnya.

Pihak Kelurahan juga secara berkala membuat program yang memberikan manfaat kepada masyarakat, termasuk diantaranya dalam penanganan stunting pada balita dengan memberikan makanan bergizi seminggu sekali dan Kelurahan juga telah membuat pilot project membuat septic tank komunal yang manfaatnya sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Tambora. 

“Dengan adanya CSR dari BNC ini, puluhan balita yang masih dalam kategori stunting dan bergizi kurang akan mendapatkan makan siang sehat bergizi setiap hari, lima hari seminggu selama dua bulan. Ditambah lagi, BNC juga menyumbangkan septic tank komunal untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penanganan limbah untuk menciptakan lingkungan yang sehat,” kata Bayhaki menyambut baik kegiatan CSR dari BNR. (Arfi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.