Jumat, 24 Mei 24

Bahaya Gorengan Bagi Kulit Saat Buka Puasa

Bahaya Gorengan Bagi Kulit Saat Buka Puasa
* Gorengan. (Foto: hipwee)

Gorengan menjadi salah satu hidangan populer yang dihidangkan saat berbuka puasa. Rasanya yang lezat dan gurih membuat kudapan ringan ini jadi takjil yang banyak diburu sebelum berbuka puasa.

Di balik rasanya yang lezat, ternyata mengonsumsi gorengan sebagai menu makanan buka puasa memiliki dampak negatif bagi tubuh.

Kandungan lemak dalam minyak yang digunakan untuk memasak gorengan sulit untuk dicerna tubuh serta berdampak buruk pada kulit.

Dilansir halodoc.com, ada 3 (tifa) efek buruk yang terjadi pada kulit jika terlalu sering mengonsumsi makanan berminyak ini.

Sebabkan Peradangan

Menyantap gorengan sebagai menu berbuka buasa dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan lebih sensitif karena dapat dengan mudah mengalami peradangan.

Lemak trans yang ikut masuk ke dalam tubuh ketika mnegonsumsi gorengan menjadi penyebab meningkatnya resiko peradangan pada kulit. Peradangan yang dialami kulit berpotensi menyebabkan kulit menjadi lebih sensitif.

Penuaan Kulit

Gorengan yang diproses pada suhu tinggi dan panas membuat terjadinya peningkatan molekul AGE sehingga menyebabkan rusaknya kolagen dan elastin. Peningkatkan AGE ini telah terbukti merusak sel-sel tubuh, termasuk juga sel kulit yang sehat.

Jika rutin mengonsumsinya saat buka puasa, bukan tidak mungkin kulit mu akan mengalami penuaan dini.

Bikin Wajah Terlihat Pucat

Wajah yang terlihat pucat menjadi efek berikutnya jika sering mengonsumsi gorengan sebagai kudapan berbuka. Gorengan mengandung garam dan MSG yang tinggi sehingga mampu menyebabkan resistensi cairan pada tubuh.

Resistensi cairan yang terjadi membuat cairan yang harusnya dikeluarkan menjadi bertumpuk pada kulit. (Dream/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.