Jumat, 26 April 24

Badai Salju Hantam AS, 2.500 Penerbangan Ditunda hingga Batal

Badai Salju Hantam AS, 2.500 Penerbangan Ditunda hingga Batal
* Badai salju di AS. (YouTube)

Pihak berwenang Amerika Serikat (AS)  membatalkan dan menunda setidaknya 2.500 penerbangan akibat dilanda badai salju yang ekstrem, Senin (26/12/2022).

Dilansir CNN, beberapa maskapai penerbangan yang terdampak yakni Southwest Airlines LUV dengan sekitar 1.700 pembatalan dan Delta Air Lines Inc Dal dengan lebih dari 250 pembatalan.

Menurut situs pelacakan penerbangan FlightAware, pada Minggu (25/12) tepat di perayaan Natal, gangguan penerbangan mencapai 4.500.

Salah satu pelanggan penerbangan ALK.N Alaska Airline, Kyle Goeke (29) mengatakan bakal terjebak di Seattle selama berhari-hari.

Ia seharusnya dijadwalkan terbang pada Senin (26/12), tetapi ditunda hingga Rabu (28/12).

Goeke bercerita berangkat dari Washington DC ke Kota Seattle pada Minggu (25/12) malam. Ia sempat tak tidur semalaman dan sibuk mencari tempat tinggal di kota itu.

“Untungnya, saya punya teman di kota ini [Seattle] untuk membantu saya. Banyak orang lain yang ditinggalkan sendirian,” kata Goeke seperti dikutip Reuters.

Penumpang Southwest Airline, David Sharp, juga mengalami hal serupa. Ia tak jadi berangkat ke St Louis menggunakan pesawat.

Sharp mengaku bakal menggunakan jalur darat dari Denver menuju lokasi tujuan dia.

AktrIs pengisi suara, Grey DeLisle, juga menjadi korban pembatalan penerbangan. Ia lalu menyampaikan keluhan tersebut di media sosial.

“Penerbangan 1824 dari Nashville ke Burbank dibatalkan dan kami belum menerima pemesanan ulang! Ayah dari anak-anak telah melewatkan Natal sekarang dan kopernya hilang dengan obat-obatan di dalamnya! Pelanggan Saluran layanan sibuk. Tolong!”

Pengguna Twitter lain, Alex Gervasi, juga menumpahkan kekesalan dirinya di platform simbol burung itu.

“Saudara, penerbangan Southwest Airlines dari Philly ke El Paso dibatalkan hari ini dan yang terbaik yang bisa mereka lakukan adalah keluar dari Baltimore pada Selasa pagi!,” tulis Gervasi.

Ia kemudian berujar, “Tidak ada yang bisa dilakukan siapa pun kecuali bepergian dengan cara yang gila.”

Menanggapi banyak keluhan, Southwest Airlines mengatakan pihaknya “melakukan yang terbaik” untuk mengembalikan jaringan setelah badai.

AS tengah dilanda badai musim dingin sejak beberapa hari terakhir. Imbas badai ini, setidaknya 49 orang tewas di sembilan negara bagian.

Di New York badai musim dingin menyebabkan salju setebal satu meter.

Dilansir Fox Weather, penumpang pesawat menunggu berjam-jam untuk dipesan ulang. Ini terjadi hanya beberapa hari setelah Southwest mengatakan mereka beroperasi di bawah “Keadaan Darurat Operasional” pada Malam Natal, menurut FOX 31 di Denver.

Chicago O’Hare, Bandara Internasional Hartsfield-Jackson Atlanta, dan Bandara LaGuardia juga mengalami masalah perjalanan besar pada hari Senin.

Hingga Senin malam, hampir 6.000 penerbangan juga ditunda.

Apa yang terjadi jika penerbangan  dibatalkan?

Jika penerbangan Anda dibatalkan, sebagian besar maskapai penerbangan akan memesan ulang penerbangan berikutnya yang tersedia ke tujuan Anda – selama kursi masih tersedia.

Apa yang harus dilakukan jika penerbangan Anda dibatalkan?

Ini membuat frustrasi ketika penerbangan dibatalkan, tetapi ada beberapa hal yang Anda berhak dan tidak berhak ketika itu terjadi.

Jika penerbangan Anda dibatalkan, dan Anda memilih untuk membatalkan perjalanan yang direncanakan, Anda berhak mendapatkan pengembalian uang untuk setiap bagian penerbangan Anda yang tidak terpakai – bahkan jika penerbangan tersebut tidak dapat dikembalikan, menurut Departemen Perhubungan AS.

Selain itu, Anda juga berhak mendapatkan kembali uang Anda untuk biaya bagasi atau tambahan apa pun, seperti penetapan kursi. (Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.