Minggu, 28 April 24

Atasi Ngantuk di Kantor Saat Berpuasa

Atasi Ngantuk di Kantor Saat Berpuasa
* Ilustrasi Seseorang Mengantuk (Foto: istimewa)

Obsessionnews — Kantuk, menjadi salah satu perilaku yang sudah tidak asing oleh masyarakat. Apalagi saat ini sedang dalam suasana bulan puasa.

Tentunya menjaga produktivitas di tempat kerja bisa menjadi tantangan yang cukup besar. Salah satu masalah utama yang sering dialami adalah rasa kantuk yang datang secara tiba-tiba

Terutama di tengah hari saat energi mulai menurun. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi rasa ngantuk di kantor saat bulan puasa:

1. Makan bernutrisi saat sahur

Salah satu cara yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi rasa ngantuk adalah dengan makan bernutrisi saat sahur. Makanan bernutrisi saat sahur bisa memastikan Anda mendapatkan energi dan nutrisi cukup untuk menjalani hari dengan produktif.

Pastikan untuk memperhatikan asupan makanan yang bernutrisi, seperti karbohidrat kompleks, protein, serat, dan vitamin. Mengonsumsi menu sahur yang seimbang dapat memberikan energi yang tahan lama serta menghindari rasa lelah saat bekerja.

Tidak hanya itu, Anda bisa menambahkan suplemen vitamin daya tahan tubuh dalam menu sahur Anda sebagai pelengkap nutrisi. Anda dapat membaca mengenai rekomendasi vitamin daya tahan tubuh yang cocok dikonsumsi saat bulan puasa.

2. Mencuci muka

Selain menjaga pola makan, Anda juga dapat mencuci muka ketika ngantuk menyerang di kantor. Jika rasa kantuk tidak tertahan, pergilah ke kamar mandi dan nyalakan air dingin.

Anda bisa langsung membilas wajah dengan hati-hati dan membersihkan wajah dengan handuk/tisu agar kering. Membilas wajah dengan air dingin dapat membantu melancarkan sirkulasi darah.

Air dingin juga dapat mengejutkan sistem tubuh dan langsung membuat kamu merasa lebih berkonsentrasi. Cara ini dapat membantu Anda menjadi lebih rileks dan segar sehingga bisa melanjutkan kembali pekerjaan.

3. Menjaga kualitas tidur

Menjaga kualitas tidur malam sebelum pergi ke kantor juga menjadi kunci penting. Selama berpuasa, durasi tidur akan berkurang karena harus bangun sahur pada dini hari.

Hal ini sering menjadi penyebab utama rasa ngantuk saat berpuasa. Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat tidur lebih awal agar tetap segar di pagi hari.

Selain itu, Anda juga tidak disarankan untuk tidur kembali setelah sahur, dan sholat karena justru dapat membuat lebih lesu. Apabila Anda mengalami kesulitan tidur, dapat mempertimbangkan penggunaan obat tidur yang aman dikonsumsi untuk membantu tidur lebih nyenyak.

4. Melakukan peregangan otot

Duduk di meja kantor dalam waktu yang lama dapat meningkatkan rasa kantuk, terlebih saat bulan puasa.  Aktivitas yang monoton dan minim gerakan fisik dapat membuat tubuh merasa lelah dan kaku.

Oleh karena itu, Anda bisa mencoba melakukan peregangan sederhana di kantor. Peregangan otot ringan dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, meredakan kekakuan otot, dan mengurangi rasa kantuk.

Anda dapat melakukan gerakan fisik ringan seperti berjalan-jalan di kantor, meregangkan lengan, memutar leher. Atau meluruskan punggung setiap satu atau dua jam sekali, dengan melakukan gerakan-gerakan ini, tubuh bisa menjadi lebih rileks.

5. Lakukan aktivitas selama waktu istirahat

Terakhir, Anda juga bisa merencanakan sejumlah aktivitas saat waktu istirahat kantor. Tujuannya untuk mengisi kembali energi dan menghilangkan rasa lelah saat berpuasa.

Menggunakan waktu istirahat siang untuk melakukan berbagai aktivitas dapat membuat kamu menjadi segar dan rileks. Beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan adalah seperti mendengarkan musik, bermain game, berolahraga, berjalan-jalan dan lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan waktu istirahat makan siang untuk tidur siang selama beberapa menit. Namun, Anda perlu menghindari tidur siang terlalu lama karena dapat mempengaruhi pola tidur malam Anda. (HAS)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.