Jumat, 26 April 24

Atasi Banjir, Sungai di Bandung Dikeruk

Atasi Banjir, Sungai di Bandung Dikeruk

Bandung, Obsessionnews Untuk mengurangi banjir di Kota Bandung, Jawa Barat, Pemkot Bandung mengeruk lumpur di sungai di sepanjang ruas jalan RS, maupun di Simpang Gedebage, Soekarno-Hatta.

Dari pantauan di lapangan, Selasa (10/2) sejumlah petugas, menata karung-karung berisi tanah dan pasir di kawasan tersebut.

Hujan deras yang terjadi Jumat dan Sabtu pekan lalu membuat sepanjang ruas jalan tersebut tergenang air, meski ketinggian berkisar 20-30 cm.

Namun membuat kesulitan para pengendara sepeda motor yang melaju dari jalan Soekarno Hatta menuju Ujungberung melintasi kawasan Jl Rumah Sakit Gedebage Bandung.

“Ya baguslah kalau dikeruk, tapi harusnya justru menggunakan alat berat bukannya pakai cangkul dikarungin, biar ga banjir lagi,” papar Asep warga Ujungberung yang kerapkali kerepotan saat banjir untuk melintasi kawasan tersebut.

Asep berharap banjir langganan di kawasan tersebut cepat diselesaikan dengan pelebaran dan pengerukan sungai.

Pemerintah Kota Bandung saat ini bersiaga banjir menyusul volume air dan intensitas hujan yang semakin tinggi.
Walikota Bandung Ridwan Kamil perintahkan jajaran ke wilayahan seperti Lurah dan Camat untuk siaga menghadapi banjir .

“Jajaran Kelurahan dan Kecamatan harus siap menghadapi bencana banjir baik persiapan infrastruktur ataupun evakuasi warga,” ujar kang Emil.

Seluruh Lurah dan Camat diperintahkan untuk memantau saluran air yang ada di wilayahnya untuk cepat diperbaiki apabila terjadi hujan lebat, banjir dan merendam rumah warga para Lurah dan Camat tersebut harus mampu mengevakuasi warga.

Reporter : Dudy Supriyadi
Editor : Reza Indrayana

Related posts