Rabu, 30 September 20

Apkasi Apresiasi Keputusan Menteri Keuangan Soal Covid 19

Apkasi Apresiasi Keputusan Menteri Keuangan Soal Covid 19
* Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas sedang di wawancarai wartawan. (Foto: Dok Apkasi)

Jakarta, Obsessionnews.com – Ketua Umum Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (Apkasi) Abdullah Azwar Anas memberikan apresiasi atas diterbitkannya Keputusan Menteri Keuangan Nomor 6 Tahun 2020 tentang ‘Penyaluran Dana Alokasi Khusus Fisik Bidang Kesehatan dan Dana Bantuan Operasional Kesehatan dalam Rangka Pencegahan atau Penanganan Covid 19’ dan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang ‘Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah’, yang keduanya diterbitkan pemerintah pusat untuk membantu pemerintah daerah dalam menangani masalah nasional ini.

“Kebijakan ini membuat pemerintah kabupaten bisa lebih optimal dalam menangani masalah penanganan Covid-19 tanpa harus menunggu perubahan anggaran di tengah tahun,” imbuh Azwar Anas melalui rilis, Kamis (19/3/2020).

Dia menambahkan, alokasi APBD tentu dengan sendirinya diprioritaskan untuk pencegahan penyebaran Covid-19 termasuk menangani dampak ekonominya. Untuk anggaran kesehatan, pengobatan Covid-19 sudah ditanggung pemerintah pusat, sehingga Pemerintah daerah mengambil peran dengan mendukung dalam hal penyiapan ruang isolasi, tenaga medis, sterilisasi berbagai fasilitas publik, kampanye masif gaya hidup sehat, dan sebagainya yang didukung dengan kekuatan APBD.

Untuk itu, Bupati Banyuwangi ini mengajak pemerintah daerah tidak takut mengeluarkan dana untuk kebutuhan penanganan dan pencegahan Covid-19, meski dalam APBD 2020 belum tersedia anggarannya. Dana tersebut nantinya akan dimasukkan di rancangan perubahan APBD.

“Intinya, sejumlah alokasi di APBD bisa dialihkan untuk penanganan penyebaran Covid-19 sesuai dengan prioritas masing-masing daerah, tentu dengan menimbang berbagai aspek,” ujarnya

Seperti diketahui, berbagai upaya pemerintah pusat dan daerah telah dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. Semua kabupaten telah mengambil kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19 dengan langkah-langkah terintegrasi, mulai kebijakan kesehatan, pendidikan, pariwisata, pelayanan publik, dan jaring pengaman ekonomi rakyat. (Poy)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.