Senin, 8 Agustus 22

Anies Baswedan: Persoalan Sampah di Jakarta Harus Diatasi Bersama

Anies Baswedan: Persoalan Sampah di Jakarta Harus Diatasi Bersama
* Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau pengelolaan sampah di ITC Cempaka Mas. (Foto: FB Anies Baswedan)

Obessionnews.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, masalah sampah di Jakarta adalah tanggung jawab yang harys diatasi bersama. Hal ini dikemukakan Anies dalam keterangan tertulis di akun Facebooknya, Jumat (24/6/2022). Berikut ini dimuat utuh tulisan Anies tersebut:

Persoalan sampah di Jakarta merupakan tanggung jawab yang harus diatasi bersama.

 

 

Saat ini Jakarta mengirim sampah 7.500 – 7.800 ton per harinya ke TPST Bantargebang. Sekitar 1.300 ton per harinya bersumber dari kawasan/ perusahaan.

Kami mengapresiasi program implementasi pengelolaan sampah secara mandiri untuk Industri atau Perusahaan, di ITC Cempaka Mas, sebagai aksi nyata dari Pergub Nomor 102 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah di Kawasan dan Perusahaan.

Jumlah sampah yang masuk ke TPST Bantargebang perlu diminimalisir, dengan melibatkan peran pemerintah, individu, komunitas, pelaku usaha atau kawasan, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.

Hanya dengan berbagai kolaborasi dari setiap pemangku kepentingan dalam pengelolaan sampah, dapat menyukseskan implementasi pengelolaan sampah di kawasan dan perusahaan sesuai amanat Perda 4/2019 dan Pergub 102/2021. Sehingga residu yang dihasilkan dari setiap kawasan bisa dimanfaatkan, diuraikan untuk keperluan bahan baku dan lain-lain. Inilah yang disebut dengan idealnya pengelolaan sampah di kawasan perekonomian yang sejalan dengan ekologi.

Kami berharap pengelolaan sampah mandiri ITC Cempaka Mas dapat menjadi contoh dan menciptakan paradigma baru dalam pengelolaan sampah di Jakarta.

Mari wujudkan Jakarta sebagai Kawasan Kota, di mana kegiatan ekonomi yang menjadi sentral aktivitas sejalan dengan kepentingan ekologi.

#JakartaSadarSampah
#PengelolaanSampahKawasanPerusahaan
#JakartaKotaGlobal

Pantauan obsessionnews.com pada Sabtu (25/6) pukul 10.59 WIB postingan Anies itu disukai sebanyak 3.132 kali, 253 komentar, dan 86 kali dibagikan.

Berikut komentar beberapa warganet:

Elfi Khairina Sofka: Saya dan kluarga ketika bsrkunjung ke Jkt semaksimal mungkin tdk lg menyetor sisa2 konsumsi kami ke t4 sampah pun bgtu jg saat kami menginap di hotel kami memilah sampah sehingga tong sampah hotel kami targetkan sm bersihnya saat kami dtg dan saat kami check out, kami bertekad di setiap kedatangan kami ke kota lain tdk menampah tumpukan sampah di TPA daerah tsb🤗

Nurul Nurhanifah IX: Pak Anies memang top leader..
Pioneer dalam segala hal kebaikan 👍🥰

Agus Rusiawan: makin banyak kolaborasi, makin banyak yg diapresiasi, ….makin sukseslah Program Kerja, dan tentu saja masyarakat juga yg menikmati….itulah perlunya Kepemimpinan yg amanah.

Adew Tazik: Pemikiran yg brilian…,, sbg bentuk kepedulian terhadap kota dan lingkungan… 👍👍

(Arh)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.