Kamis, 16 Mei 24

Aktor AS Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup atas Dua Tuduhan Pemerkosaan

Aktor AS Dijatuhi Hukuman Seumur Hidup atas Dua Tuduhan Pemerkosaan
* Danny Masterson di Pusat Peradilan Pidana Clara Shortridge Foltz di Los Angeles. (Getty/CNN)

Aktor Amerika Serikat (AS) Danny Masterson pada hari Kamis (7/9/2023), dijatuhi hukuman penjara seumur hidup setelah dia dinyatakan bersalah atas dua tuduhan pemerkosaan awal tahun ini di ruang sidang Los Angeles,  menurut Wakil DA Reinhold Mueller dari Kantor Kejaksaan Distrik Los Angeles.

Masterson menerima hukuman agregat maksimum atas kejahatan tersebut, kata Mueller.

Bintang “That ’70s Show”, 47 tahun, ini dinyatakan bersalah pada akhir Mei atas dua dari tiga tuduhan pemerkosaan, dan ditahan setelah putusan tersebut. Juri menemui jalan buntu pada hitungan ketiga.

Setelah penangkapan pertamanya pada tahun 2020, Masterson mengaku tidak bersalah atas pemerkosaan tiga wanita di rumahnya dalam insiden terpisah antara tahun 2001 dan 2003.

Hukuman pada hari Kamis berasal dari sidang kedua kasus tersebut, yang dimulai pada 24 April dan dibawa ke juri pada 17 Mei. Masterson diwakili oleh pengacara pembela Shawn Holley dan Philip Cohen. Wakil DA Ariel Anson dan Wakil DA Mueller mengadili kasus tersebut.

Holley mengatakan kepada wartawan di luar gedung pengadilan pada hari Kamis bahwa mereka berencana untuk mengajukan banding atas hukuman pemerkosaannya.

“Kami sangat kecewa dengan hukuman yang dijatuhkan hakim hari ini,” kata Holley membacakan pernyataan. “Masterson tidak melakukan kejahatan yang dituduhkan kepadanya dan kami serta pengacara banding yang terbaik dan paling cerdas di negara ini yakin bahwa hukuman ini akan dibatalkan.”

Sidang pertama dimulai pada Oktober 2022, dan pembatalan sidang diumumkan pada bulan berikutnya setelah juri masih menemui jalan buntu, kata Jaksa Wilayah kepada CNN pada saat itu.

Alison Anderson, pengacara yang mewakili dua dari tiga terdakwa, mengatakan kepada CNN dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis setelah hukuman tersebut bahwa kliennya telah menunjukkan kekuatan dan keberanian yang luar biasa, dengan maju ke penegakan hukum dan berpartisipasi langsung dalam dua persidangan pidana yang melelahkan.

“Saya memuji keberanian mereka untuk maju dan berpartisipasi dalam proses ini. Harapan saya adalah hukuman ini akan membawa kedamaian bagi mereka dan keberanian mereka akan menjadi contoh bagi orang lain,” kata Jaksa Wilayah Los Angeles George Gascón dalam sebuah pernyataan kepada CNN.

“Salah satu prioritas utama saya adalah memastikan bahwa Los Angeles tidak lagi menjadi tempat berburu elit Hollywood yang merasa berhak memangsa perempuan.”

Masterson terkenal karena perannya sebagai Steven Hyde di “That ’70s Show,” yang ditayangkan selama delapan musim di Fox dari tahun 1998 hingga 2006, dan dibintangi oleh Mila Kunis, Ashton Kutcher, Laura Prepon, Topher Grace dan Wilmer Valderrama.

Kutcher dan Masterson juga membintangi “The Ranch” Netflix mulai tahun 2016, tetapi Netflix dan produsernya mengeluarkan Masterson dari acara tersebut di tengah tuduhan pemerkosaan. Saat itu, Masterson mengatakan dia “jelas sangat kecewa” dengan keputusan tersebut dalam pernyataannya kepada CNN.

Berita tentang tuduhan tersebut dimulai pada bulan Maret 2017, ketika jurnalis dan mantan editor Village Voice Tony Ortega menulis di situsnya “The Underground Bunker” bahwa Masterson sedang diselidiki oleh Departemen Kepolisian Los Angeles. (CNN/Red)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.