fbpx

Kamis, 21 Februari 19

Air Zamzam Penuh Berkah

Air Zamzam Penuh Berkah
* Ilustrasi air zamzam. (foto: Alfajr Tour)

Jakarta, Obsessionnews.comBagi kaum muslim, pastinya sudah tidak asing lagi dengan air suci yang berasal dari Makkah ini. Orang menyebutnya air zamzam, berasal dari bahasa Arab yang berarti banyak, melimpah-ruah, merupakan air yang dianggap sebagai air suci oleh umat Islam.

Zamzam merupakan sumur mata air yang terletak di kawasan Masjidil Haram, sebelah tenggara Kabah, berkedalaman 42 meter. Banyak peziarah yang melakukan ibadah Haji dan Umrah yang berkunjung ke sumur Zamzam, dan sebagian membawa pulang air Zamzam sebagai oleh-oleh.

Menurut ulama, tidak masalah membawa air Zamzam ke kampung halamannya. Syaikhul-Islam Ibnu Taimiyyah berkata, “Barangsiapa yang membawa sesuatu dari air Zamzam, sungguh ulama-ulama salaf (zaman dahulu) telah melakukannya (dan itu tidak masalah).”

Ada banyak sekali manfaat air zamzam . Bahkan air zamzam juga kerap dijadikan oleh-oleh bagi jamaah haji ketika pulang ke tanah air.

Air zamzam merupakan air yang penuh berkah dan menjadi makanan yang mengenyangkan. Bahkan air zam-zam juga dipercaya sebagai obat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Hal ini telah dijelaskan dalam hadist. Dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Saw. bersabda:

Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zamzam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”

Disebutkan dalam hadits bahwasanya keutamaan air zamzam akan nampak tergantung dari niat orang yang meminumnya. Dalam suatu hadits disebutkan, bahwasanya Dari Jabir berkata:

Saya mendengar Rasulullah bersabda, ‘Air zamzam itu tergantung niat orang yang meminumnya”.

Dijelaskan pula dari Ibnu ‘Abbas Radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah Saw. bersabda:

Air Zamzam sesuai dengan niat ketika meminumnya. Bila engkau meminumnya untuk obat, semoga Allah menyembuhkanmu. Bila engkau meminumnya untuk menghilangkan dahaga, semoga Allah menghilangkannya. Air zamzam adalah galian Jibril, dan curahan minum dari Allah kepada Ismail.”

Ibnu Taimiyyah berkata:

Seseorang disunnahkan untuk meminum air zamzam sampai benar-benar kenyang, dan berdoa ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya (menggunakan air Zamzam).” (Hajjatun-Nabi, al Albani, 1/117).

Selain yang disebutkan sebagai obat penawar penyakit, air zamzam juga disebut sebagai pertolongan. Suatu hadits dari Abi Thufail, dari Ibnu Abbas Radhiyallahu ‘anhu, ia berkata:

Saya mendengar Rasulullah bersabda,”Kami menyebut air zam-zam dengan syuba’ah (yang mengenyangkan). Dan kami juga mendapatkan, air zamzam adalah sebaik-baik pertolongan (kebutuhan atas kemiskinanan)”. (HR Tabrani).

Dalam hadits lain juga disebutkan keutamaan air zamzam, dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba’i, ia berkata:

Aku duduk bersama Ibnu ‘Abbas di Makkah, tatkala demam menyerangku. Ibnu ‘Abbas mengatakan, dinginkanlah dengan air zamzam, karena Rasulullah mengatakan, sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air zamzam”.

Dalam riwayat yang sama terdapat dalam Musnad Ahmad. Shuaib al Arnauth mengatakan, bahwa sanadnya shahih sesuai dengan syarat shahihain.

Ibnul Qayyim menjelaskan pula tetang keutamaan air zamzam tersebut, beliau berkata:

Aku dan selain diriku telah megalami perkara yang ajaib tatkala berobat dengan air zamzam. Dengan izin Allah, aku telah sembuh dari beberapa penyakit yang menimpaku. Aku juga menyaksikan seseorang yang telah menjadikan air zamzam sebagai makanan selama beberapa hari, sekitar setengah bulan atau lebih. Ia tidak mendapatkan rasa lapar, ia melaksanakan thawaf sebagaimana manusia yang lain. Ia telah memberitahukan kepadaku bahwa, ia terkadang seperti itu selama empat puluh hari. Ia juga mempunyai kekuatan untuk berjima’, berpuasa dan melaksanakan thawaf “.

Abu Dzar al Ghifari berkata,”Selama 30 hari, aku tidak mempunyai makanan kecuali air Zamzam. Aku menjadi gemuk dan lemak perutku menjadi sirna. Aku tidak mendapatkan dalam hatiku kelemahan lapar.” Dari bebrapa keutamaan air zamzam yang telah dijelaskan tersebut, tentunya masih banyak lagi keutamaan yang Allah berikan. (Bal)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.