Sabtu, 27 April 24

15 Wakil Negara Asing Hadiri Pelantikan Jokowi-JK

Jakarta – Pelaksanaan Pelantikan Presiden dan Wapres RI terpilih , Jokowi – JK pada 20 Oktober 2014 mendatang pada Pelantikan Paripurna MPR, pihak kepolisian akan memberikan pengamanan yang maksimal. Hal itu dikarenakan pada pelantikan Jokowi – JK akan dihadiri oleh sejumlah petinggi dari negara luar.

Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Sutarman mengatakan akan mengerahkan 24.815 personilnya untuk mengamankan jalannya pelantikan Presiden terpilih Jokowi.

“24.815 personil, terdiri dari satgas operasional Polri,” ujar Sutarman kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan Jakarta, Kamis (16/10/2014).

Sutarman menjelaskan, pengamanan dalam jumlah besar personil Kepolisian dan TNI yang akan diturunkan untuk mengamankan berbagai hal yang nantinya akan terjadi dalam pelantikan presiden nanti. Selain itu juga untuk mengamankan kehadiran kepala negara-negara asing yang akan menghadiri pelantikan Presiden tersebut.

“Karena ada kepala negara asing yang akan datang, maka tugas Polri dan TNI untuk melakukan pengamanan,” jelasnya.

Dia juga mengaku, sebelum persidangan sampai selesai persidangan pihaknya sudah siapkan pengamanan. “Bahkan sampai pasca pelantikan sampai menuju Istana,” tuturnya.

Karena ini betuknya persidangan, lanjut Sutarman, dirinya juga menempatkan personil dengan menggunakan pakaian-pakaian preman di tempat persidangan. Hal itu tidak akan mengganggu persidangan. “Tentu tidak mengganggu,” tambahnya.

Namun, kalau terjadi masalah didalam persidangan tersebut, pihaknya akan menunggu perintah dari MPR bagaimana instruksinya nanti. “Kita menunggu perintah dari pimpinan MPR,” ungkap Sutarman.

Sutarman juga menegaskan, kalau pihaknya sudah menggunakan pagar betis dari mulai DPR hingga ke Istana, karena Jokowi menuju keistana berencana akan menggunakan Delman. “Sebelum menuju Istana akan ke Bundaran HI, nanti setelah dari Bundaran HI menuju Istana dengan delman, kereta kencana,”pungkasnya.

Sekedar untuk diketahui, Negara – negara atau petinggi luar negeri yang sudah dikonfirmasi dan yang  akan menghadiri dalam pelantikan Presiden dan Wapres RI terpilih, Jokowi – JK adalah :

1. Brunei Darusalamam – sultan
2. Malaysia – pedana menteri
3. Singapura – pedana menteri
4. Vietman – utusan khusus
5. Australia – PM
6. Jepang – mantan pedana menteri
7. Rusia
8. Korea
9. Thailand – wakil pedana menteri
10. Hiti
11.  Papua nugini – gubernur jenderal
12. New Zeland – pedana menteri
13. AS – Menteri Luar Negreri
14. Presiden Iran
15. Belanda

(Pur)

 

Related posts