Rabu, 20 Oktober 21

‎Ini Asumsi Makro RAPBN 2016 yang Ditetapkan Pemerintah

‎Ini Asumsi Makro RAPBN 2016 yang Ditetapkan Pemerintah

Jakarta, Obsessionnews – Setelah menghitung seluruh dinamika perekonomian global dan domestik, serta prospek perekonomian nasional, maka pemerintah menetapkan asumsi ekonomi makro tahun 2016. Presiden Jokowi pun menyampaikan hal tersebut dalam penyampaian RAPBN 2016 dan nota keuangan di gedung Parlemen, Jakarta.

“Atas nama Pemerintah, saya mengucapkan terimakasih kepada semua fraksi DPR-RI atas berbagai masukan yang diberikan dalam pembicaraan pendahuluan beberapa waktu lalu sehingga dapat disusun RAPBN Tahun 2016 yang berkualitas,” kata presiden, Jumat (14/8/2015).

Asumsi ekonomi makro tahun 2016 yang ditetapkan adalah‎, Pertama pertumbuhan ekonomi tahun 2016 ditargetkan 5,5 persen. Kedua, laju inflasi tahun 2016 diperkirakan mencapai 4,7 persen. Ketiga, nilai tukar rupiah diperkirakan sebesar Rp 13.400 per dolar Amerika Serikat.

Keempat, rata-rata suku bunga Surat Perbendaharaan Negara 3 bulan, dalam tahun 2016 diasumsikan berada pada tingkat 5,5 persen. Kelima, asumsi rata-rata harga minyak mentah Indonesia dalam tahun 2016 diperkirakan sebesar 60 dolar Amerika Serikat per barel.

Sedangkan keenam, kapasitas produksi minyak dan gas bumi selama tahun 2016 diperkirakan mencapai 1,985 juta barel setara minyak per hari, yang terdiri dari produksi minyak bumi sebesar 830 ribu barel per hari dan gas bumi sekitar 1,155 juta barel setara minyak per hari.

“Insya Allah, apa yang kita usahakan bersama ini bermanfaat bagi seluruh rakyat dan membuat hidup bangsa Indonesia menjadi lebih sejahtera dan bermartabat,” kata presiden Jokowi.

Presiden berharap asumsi dasar ekonomi makro yang ditetapkan tersebut dapat mencerminkan kondisi perekonomian yang lebih realistis sehingga akan mendorong tingkat kepercayaan pasar yang lebih tinggi. (Has)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.