Jumat, 26 April 24

Piala Dunia 2018 Tanpa Italia!

Piala Dunia 2018 Tanpa Italia!
* Kapten timnas Italia, Gianluigi Buffon. (Foto: AFP)

Milan – Kegagalan lolos ke Piala Dunia tahun depan membuat Italia mengulangi catatan buruk mereka pada edisi 1958 silam.

Italia dipastikan gagal lolos ke babak utama Piala Dunia 2018 setelah hanya bermain imbang tanpa gol dalam duel leg kedua play-off kualifikasi zona Eropa di Stadion San Siro,  Italia, Senin (13/11/2017) waktu setempat atau Selasa dini hari WIB.

Hasil tersebut mengubur ambisi Italia untuk bisa ambil bagian di Rusia, dan justru berharga bagi Swedia lantaran mereka sukses melaju berkat keunggulan agregat skor 1-0, hasil kemenangan di leg pertama tiga hari lalu.

Mengejar defitis satu gol, pasukan Gli Azzurri langsung tampil terbuka sejak menit pertama dan menerapkan intensitas serangan tinggi. Akan tetapi peragaan barisan bertahanan Swedia yang solid menyulitkan upaya tekanan tuan rumah.

Kans terbaik pertama untuk bisa memecah kebuntuan datang pada menit ke-27. Jorginho mengirimkan umpan chip kepada Ciro Immobile di kiri dan sang striker Lazio kemudian menarik bola ke tengah.

Menit ke-40, Immobile nyaris membawa Italia unggul apabila sepakannya yang sudah melewati adangan kiper Olsen yak disapu keluar oleh Andreas Granqvist sebelum melewati garis gawang. Sementara semenit jelang turun minum, giliran Alessandro Florenzi yang mendapat kans tapi tembakan jarak dekatnya dimentahkan Olsen.

Florenzi pula yang mengawali ancaman Italia di babak kedua, dengan tendangannya yang meneruskan umpan silang Matteo Darmian pada menit ke-54 masih tipis menyamping. Pasukan Giampiero Ventura terus mengurung Swedia yang memang sejak awal lebih memilih bertahan dan menunggu momen melakukan serangan balik.

Masuknya Isaac Kiese Thelin di pertengahan babak kedua memberi warna baru bagi lini depan Swedia dalam melancarkan skema serangan balik. Sementara, Italia merespons dengan memasukkan Stephan El Shaarawy dan Andrea Belotti, itu berarti mereka menerapkan formasi tiga striker.

Kans bagi Immobile untuk memecah kebuntuan Italia datang pada menit ke-64, sayang tembakannya yang menyambar umpan Candreva dari sisi kanan masih menyamping. Mistar gawang menjadi musuh Italia dua menit berselang saat umpan silang Florenzi yang membentur Mikael Lustig hanya menghasilkan sepak pojok.

Menit ke-86, giliran El Shaarawy yang melancarkan aksi namun eksekusi jarak dekatnya dimentahkan Olsen. Segenap upaya serangan dikerahkan Italia dalam sisa waktu babak kedua, namun tak satu pun mampu mengubah keadaan dan tiket ke Piala Dunia jatuh ke genggaman Swedia.

Sumber: www.goal.com

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.