Jumat, 26 April 24

Geopark Ciletuh Resmi Diakui Unesco Global Geopark

Geopark Ciletuh Resmi Diakui Unesco Global Geopark

Jakarta, Obsessionnews.com– Wisata alam Geopark Ciletuh, Palabuhan Ratu, Jawa Barat (Jabar), resmi mendapatkan predikat sebagai Unesco Global Geopark (UGG).

Di kawasan seluas 37 ribu kilometer tersebut terdapat banyak destinasi wisata kelas dunia.

“Geopark Ciletuh Dapat Pengakuan Unesco Global Geopark,” kicau akun @Kemenpar_RI, Minggu (15/4/2018).

Menteri Pariwisata Arief Yahya dari awal sudah yakin Geopark Ciletuh akan ditetapkan sebagai Unesco Global Geopark (UGG).

“Rumus destinasi kelas dunia adalah atraction, access, dan tourism resource. Saya lihat Geopark Ciletuh-Palabuhanratu sudah memiliki itu dan kita harapkan akan menjadi UGG,” kata Arief.

Tiga unsur yang harus dipenuhi agar menjadi UGG yaitu geodiversity, biodiversity, dan culture diversity, semua sudah ada di geoparkini.

“Saya lihat sudah ada semua di sini. Saya sudah melihat dan menikmati Ujung Genteng. Sungguh luar biasa. Ini kepingan surga karunia Tuhan,” ujarnya.

Selain Ciletuh, Unesco juga mengesahkan 12 geopark dari 11 negara sebagai UGG.

Pengesahan disampaikan dalam sidang Executive Board Unesco ke 204, Komisi Programme and External Relations, Kamis (12/4) di Paris, Perancis.

General Manager Badan Pengelola Geopark Ciletuh Dana Budiman menjelaskan pada awal Agustus 2017, Geopark ini sudah dinilai tim UNESCO. Predikat ini tentunya membawa Ciletuh menjadi destinasi wisata dunia.

“Keindahan alamnya lengkap. Ada landscape, gunung, air terjun, sawah, ladang, dan berujung di muara sungai ke laut,” ujar Dana. (Popi)

Related posts

Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.